Follow Us

Taman Bunga dalam Kamar Mandi

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 11 Desember 2013 | 08:00
Taman Bunga dalam Kamar Mandi
Devi F. Yuliwardhani

Taman Bunga dalam Kamar Mandi

Dinding keramik pada kamar mandi tampil unik dengan cat akrilik.Motif dan warna keramik semakin bervariasi. Variasi ini dapat membantu untuk membuat tema tertentu dalam kamar mandi. Namun, jika ingin tema unik tak ada duanya, Anda dapat melukis sendiri permukaan dinding keramik kamar mandi.

Lihatlah kamar mandi Uchi dan Astri ini. Awalnya, permukaan dinding kamar mandi mereka ditutup dengan keramik putih polos. Namun, dengan ide kreatif Irna Ronny, seorang desainer interior, dinding keramik putih polos tampil lebih menarik. Irna mengaplikasikan cat dekoratif di permukaannya. Terlihat tangkai-tangkai bunga tulip tergambar indah. Untuk menguatkan kesan taman bunga, Irna mengaplikasikan cat semprot berbentuk awan pada langit-langit kamar mandi.

Aplikasi cat akrilik di permukaan keramik tergolong cepat dan mudah. Cukup satu hari untuk permukaan dinding keramik di kamar mandi yang berukuran 1x1,6m. Penasaran, saya pun bertanya pada Irna mengenai cara pengerjaannya. Ini dia 6 langkah ubah tampilan keramik menggunakan cat akrilik:

Bersihkan permukaan keramik pada dinding kamar mandi.Gunakan kapur untuk membuat garis besar gambar (outline) yang diinginkan.Ampelas permukaan keramik yang ingin digambar agar tidak licin. Pilihlah ampelas merah.Siapkan campuran warna cat akrilik. Pastikan cat agak kental.Lukislah permukaan keramik dengan bantuan kuas. Sesuaikan ukuran kuas dengan detail gambar yang diinginkan. Jika menginginkan lukisan yang lebih nyata dan lebih detail, gunakan kuas dengan ujung kecil.Setelah lukisan selesai, beri lapisan penutup (coating) berupa cat tahan cuaca (weathershield) di permukaannya. Dengan cara ini, lukisan dari cat akrilik tidak akan luntur jika terkena air.

Bersihkan permukaan keramik pada dinding kamar mandi.

Gunakan kapur untuk membuat garis besar gambar (outline) yang diinginkan.

Ampelas permukaan keramik yang ingin digambar agar tidak licin. Pilihlah ampelas merah.

Siapkan campuran warna cat akrilik. Pastikan cat agak kental.

Lukislah permukaan keramik dengan bantuan kuas. Sesuaikan ukuran kuas dengan detail gambar yang diinginkan. Jika menginginkan lukisan yang lebih nyata dan lebih detail, gunakan kuas dengan ujung kecil.

Setelah lukisan selesai, beri lapisan penutup (coating) berupa cat tahan cuaca (weathershield) di permukaannya. Dengan cara ini, lukisan dari cat akrilik tidak akan luntur jika terkena air.

Selamat mencoba!

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Desainer: Irna Ronny

Lokasi: Hunian Uchi dan Astri, Apartemen Lavande Residence, Jakarta Selatan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest