Follow Us

Warna Kamar Pengaruhi Durasi Tidur

Maulina Kadiranti - Rabu, 19 Oktober 2016 | 10:00
Warna Kamar Pengaruhi Durasi Tidur
Maulina Kadiranti

Warna Kamar Pengaruhi Durasi Tidur

iDEAonline.co.id - Anda tak dapat tidur pada saat malam? Anda mungkin terkadang menyalahkan sakit kepala atau isu-isu berita yang membuat kepo sehingga Anda terpaksa googling untuk mencari info lebih lanjut. Ternyata semua sebab itu bukan penyebab utama Anda sulit tidur. Penyebab utamanya adalah warna kamar tidur Anda. Tidak percaya perhatikan survei berikut ini.

Seperti yang dilansir pada dailymail.co.uk, pemilihan warna pada kamar berpengaruh dengan kualitas tidur kita. Biru menduduki peringkat satu untuk hal itu. Orang yang tidur pada ruangan bernuansa biru mendapati 7 jam 52 menit tidur per malam. Setelahnya disusul oleh warna kuning (7 jam 40 menit per malam) dan hijau (7 jam 36 menit per malam). Menurut survei, warna-warna tersebut menenangkan, diperkirakan memperlambat denyut jantung, dan mengurangi tekanan darah.

Lalu, jika biru yang keluar sebagai pemenang warna pada kamar, warna apa yang menduduki peringkat terbawah? Ternyata warna ungu! Ungu memang memberikan kesan elegan, namun tidak cocok untuk kamar tidur karena merangsang mental sehingga sulit untuk memejamkan mata. Lain halnya dengan biru. Menurut Chris Idzikowski, seorang pakar tidur dari Edinburgh Sleep Centre menjelaskan bahwa ada reseptor khusus pada retina mata yang sensitif terhadap warna biru. Reseptor ini memberikan informasi ke bagian otak dan mempengaruhi tubuh.

Berdasarkan studi yang dilakukan travelodge, berikut tabel warna dan durasi tidur di bawah ini:

Biru7 jam 52 menitKuning7 jam 40 menitHijau7 jam 36 menitPerak/Silver7 jam 33 menitOranye7 jam 28 menitMerah6 jam 58 menitEmas6 jam 43 menitAbu-abu6 jam 12 menitCokelat6 jam 05 menitUngu5 jam 56 menit

Biru

7 jam 52 menit

Kuning

7 jam 40 menit

Hijau

Halaman Selanjutnya

7 jam 36 menit
1 2 3 4

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Popular

Tag Popular