Follow Us

Biar Terang, Yuk Pasang Glassblock di Dinding Kamar!

Maulina Kadiranti - Jumat, 06 Januari 2017 | 04:34
Biar Terang Yuk Pasang Glassblock di Dinding Kamar
Maulina Kadiranti

Biar Terang Yuk Pasang Glassblock di Dinding Kamar

iDEAonline.co.id - Enggak enak kan rasanya berada di kamar yang kurang pencahayaan? Ruang itu dikelilingi tembok, tanpa lubang cahaya. Bisa jadi ini karena sudah tidak mungkin lagi dibuat jendela pada kamar itu.

Tapi jangan khawatir, karena sebetulnya dinding itu masih dapat diolah dengan menambahkan jalan masuknya cahaya berupa glassblock.

Glassblock merupakan balok kaca berukuran 19 cm x 19 cm dengan ketebalan 8-12,5 cm. Ketebalan dan bahan kacanya akan mendistorsi bayangan seperti prisma. Cahaya masih tetap dapat masuk, namun orang dari luar tidak dapat melihat ke dalam kamar.

Glasblok juga fleksibel untuk ditempatkan di sisi tembok manapun. Ia berfungsi sebagai bidang transparan untuk jalan cahaya, sekaligus elemen dekoratif ruangan. Jenis lubang dapat Anda variasikan, bentuk persegi seperti biasa atau yang dirotasi 45°.

Tak hanya bening, glassblock juga ada yang berwarna, yakni, biru, cokelat, dan hijau. Motifnya pun beragam, yaitu berbagai pola garis lurus dan lengkung, gelembung, atau tekstur efek tertentu.

Ingin mencoba menambahkan glasblok pada dinding Anda? Lakukan sendiri dengan langkah-langkah berikut.

1. Gambar bagian tembok yang ingin dilubangi. Lebihkan sekitar 5 cm di sekelilingnya. Cek kelurusan titik teratas dan titik terbawah dengan menggunakan bandul.

2. Bobok tembok dengan pahat dan martil sesuai batas garis yang telah digambar.

3. Bersihkan sisi dalam tembok yang akan dipasang glasblok dari sisa-sisa debu puing. Lap dengan kain lembap jika perlu.

4. Pada ember campurkan semen perekat instan dengan air hingga berbentuk pasta. Perbandingan volume air : bubuk perekat = 1:3.

5. Diamkan campuran selama 5 menit lalu aduk kembali. Aplikasikan adonan pada 2 sisi yang akan dipasang glassblock pertama kali.

6. Selagi basah, pasang glassblock di atasnya. Tekan-tekan hingga glassblock melekat sempurna.

Editor : iDEA

Latest