Follow Us

Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat (2)

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 19 Januari 2014 | 10:30
Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat 2
Devi F. Yuliwardhani

Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat 2

Panel pabrikasi merupakan salah satu material yang banyak ditemukan di pasaran. Panel pabrikasi ini berupa bata ringan aerasi, papan semen, baja, dan aluminium komposit.

Selain pemasangan yang lebih cepat, material tersebut lebih tahan lama dan mudah dipasang.

Meski kini tersedia banyak pilihan, tak berarti semua harus digunakan. Pilih panel pabrikasi yang benar-benar sesuai dengan desain fasad yang Anda inginkan.

Jangan lupakan juga spesifikasi material. Agar tak salah, simak dulu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum merenovasi fasad dengan panel pabrikasi.

Kemudahan Aplikasi

Terkait dengan bentuk yang akan Anda buat pilih panel pabrikasi yang mudah dipasang. Perhatikan juga kemampuan tukang dan peralatan yang Anda miliki.

Pilih panel pabrikasi yang dapat dikerjakan oleh tukang tanpa membutuhkan banyak bantuan alat khusus.

Ketahanan Terhadap Cuaca

Fasad bangunan yang terletak di luar seringkali terpapar hujan dan sinar matahari. Karena itu pilih panel pabrikasi yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Untuk material tertentu seperti bata ringan aerasi membutuhkan coating terlebih dahulu agar tak berlumut. Coating ini hendaknya dilakukan berkala setahun sekali agar tampilan fasad tetap apik.

Cek Harga

Meski tidak banyak, penggunaan panel pabrikasi lebih menghemat biaya dibanding menggunakan material alami.

Penghematan bisa dilakukan lagi dengan penggabungan material berbeda yang lebih murah. Tak perlu semua fasad bangunan menggunakan panel pabrikasi agar tampil beda. Cukup satu bidang fasad untuk menarik perhatian.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest