Follow Us

5 Langkah Membuat Fasad Menarik dengan Batu Bali

- Jumat, 23 Februari 2018 | 05:00
5 Langkah Membuat Fasad Menarik dengan Batu Bali
idea

5 Langkah Membuat Fasad Menarik dengan Batu Bali

iDEAonline - Ingin membuat tampilan luar rumah lebih menarik, Anda dapat menggunakan batu Bali pada dinding muka rumah. Ukuran batu yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda membuat tampilan luar rumah jadi terlihat lebih dinamis.

Hal ini dikarena ukuran dan bentuk yang tak sama di setiap batunya. Membuat Anda seolah tengah menyusun sebuah puzzle. Terlebih lagi menyusun kepingan puzzle (batu) di dinding rumah. Walaupun terkesan berantakan bukan berarti tidak rapi, bahkan penataan ini menjadi daya tarik.

Ketidakteraturannya memberi efek dinding yang natural dan dinamis. Jika ditambah sorotan lampu, bongkahan-bongkahan batu Bali ini akan lebih timbul dan "berwarna." Susunannya yang tidak rapi, mengesankan permainan irama yang menarik. Tidak kaku dan tidak monoton.

Berikut ini 5 langkah membuat fasad menarik dengan batu Bali.

1. Persiapkan dinding.

Dinding merupakan bata pasangan ½ atau 1 bata polos tanpa plester semen. Bersihkan dinding. Semprot dengan air agar sedikit lembap

2. Persiapkan batu bali

Batu sesuai dengan ukuran yang diinginkan, gunakan palu atau kampak untuk membentuk sudut. Jika ingin pekerjaan sedikit lebih ringan, pesanlah batu sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan

3. Siapkan adukan semen-pasir

Dalam adukan semen-pasir, perbanyak jumlah semen agar adukan dapat menahan berat batu yang menempel ke dinding nantinya.

4. Tempelkan batu pada dinding

Susunlah batu satu persatu dan lekatkan menggunakan adukan semen. Lakukan penempatan mulai dari dinding bagian bawah secara horizontal, menerus ke bagian atas.

5. Lakukan finishing

Setelah pemasangan selesai dan semen mengering, bersihkan permukaan batu dari debu dan kotoran semen. Jika ingin, Anda dapat menambahkan coating pada permukaan batu. Proses ini untuk mencegah batu berlumut.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest