Follow Us

Percantik Fasad dengan Dinding Batu

Maulina Kadiranti - Selasa, 27 Mei 2014 | 10:10
Percantik Fasad dengan Dinding Batu
Maulina Kadiranti

Percantik Fasad dengan Dinding Batu

iDEAonline.co.id - Katakan "Ya" untuk fasad yang unik dan berbeda. Beri angin penyegaran pada tampilan rumah Anda dengan fasad dinding batu kali. Ya, bahan yang biasanya digunakan untuk fondasi rumah ini dialihfungsikan menjadi material dinding.

Caranya, pecahkan batu kali kemudian pecahan-pecahan tersebut dibingkai atau diberi frame. Rangka ini kemudian diberi keranjang kawat atau wiremesh bentuk kotak-kotak. Pada setiap rangka besi yang bertemu dengan dinding diberi baut sebagai pengikat. Anda penasaran bagaimana langkah pembuatan selanjutnya? Disimak, ya!

Cara membuat dinding batu :

1. Buat dua rangka, bagian depan dan belakang, dari pelat baja dengan cara dilas. Kemudian rangka baja depan dipasangkan dengan wiremesh, yang telah siap, dengan cara dilas juga.

2. Rangka depan yang telah siap kemudian didirikan sejajar dengan rangka belakang. Satukan dengan pelat baja berjarak sekitar 29,5cm dengan cara dilas.

3. Setelah rangka berdiri, kunci bagian-bagian rangka yag menempel pada dinding, lantai dan balok dengan car dibaut atau dinabolt.

4. Oleskan cat dengan kuas pada rangka menggunakan cat bedi secara merata. Wiremesh bagian belakang yang elum dipasang juga dicat.

5. Siapkan batu kali pecah. Tumpuk batu perlahan-lahan. Tukang dibantu oleh kenek.

6. Setelah batu di bagian bawah tertumpuk dengan rapi, pasang wiremesh bagian belakang dan langsung dilas. Untuk menjaga kekuatannya, sementara ikatkan wiremesh depan dengan yang belakang menggunakan kawat baja di beberapa titik.

7. Lakukan proses yang sama untuk tumpukkan batu di bagian atas.

8. Setelah wiremesh menahan batu, buka kawat baja sementara tadi. Cat sisa-sisa pengelasan pada wiremesh bagian belakang dengan hati-hati.

Tips tambahan :

Editor : Maulina Kadiranti

Latest