Follow Us

Pagar Unik Berkat Mozaik Pecahan Genting

Maulina Kadiranti - Senin, 30 Juni 2014 | 06:10
Pagar Unik Berkat Mozaik Pecahan Genting
Maulina Kadiranti

Pagar Unik Berkat Mozaik Pecahan Genting

iDEAonline.co.id - Wajah bagian depan hunian HB Harjanto di kawasan Ciledug, Tangerang, ini tampak unik dan indah. Mozaik pecahan genting pada dinding pagar lah penyebabnya. Pecahan-pecahan genting tersebut tersusun rapi pada permukaan dinding sehingga menghasilkan keunikan yang maksimal.

Pemanfaatan barang-barang sisa memang seringkali menghasilkan seni desain yang menawan. Ide Harjanto membuat dinding pagar dengan tampilan unik pun berawal dari sisa-sisa genting tak terpakai di rumahnya. Terbukti, barang-barang bekas atau sisa bisa juga membuahkan hasil berupa mozaik dinding yang keren, seperti mozaik pecahan genting ini. Tekstur pecahan genting dapat difungsikan sebagai pelapis dinding pagar. Dengan susunan mozaik genting, Anda bisa memperoleh dinding pagar bernuansa alami.

Tidak perlu memanggil tukang untuk memasang mozaik pecahan genting pada dinding pagar. Langkah-langkahnya sederhana sehingga Anda pun bisa mengerjakannya sendiri. Ini dia caranya:

Pilih genting yang utuh. Letakkan di atas permukaan tanah, lalu pecahkan dengan memukulnya di beberapa bagian. Jaga agar posisi pecahan tetap pada tempatnya.Siapkan adukan semen pasir. Ambil adukan semen pasir, kemudian pasang ke dinding.Ambil pecahan genting, lalu tempelkan ke dinding. Sebaiknya tempelan genting sesuai dengan pola pecahan.Setelah pecahan genting tertata, tuangkan cairan semen ke nat di antara susunan pecahan genting. Ratakan cairan semen menggunakan spons.Sebelum semen kering, bersihkan larutan semen yang menutup permukaan pecahan genting agar tak mengganggu keindahannya

Pilih genting yang utuh. Letakkan di atas permukaan tanah, lalu pecahkan dengan memukulnya di beberapa bagian. Jaga agar posisi pecahan tetap pada tempatnya.

Siapkan adukan semen pasir. Ambil adukan semen pasir, kemudian pasang ke dinding.

Ambil pecahan genting, lalu tempelkan ke dinding. Sebaiknya tempelan genting sesuai dengan pola pecahan.

Setelah pecahan genting tertata, tuangkan cairan semen ke nat di antara susunan pecahan genting. Ratakan cairan semen menggunakan spons.

Sebelum semen kering, bersihkan larutan semen yang menutup permukaan pecahan genting agar tak mengganggu keindahannya

Untuk menghasilkan mozaik pecahan genting pada dinding pagar yang tahan lama, sebaiknya pagar genting divernis atau diberi coating sehingga terbebas dari lumut. Supaya dinding pagar lebih indah gunakanlah pecahan genting yang melengkung atau bertekstur.

Sumber: Majalah iDEA Edisi 11/01 - Desember 2004 Hlm. 14-15

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular