Follow Us

Dinding Tanaman Peneduh Rumah

Maulina Kadiranti - Jumat, 04 Juli 2014 | 06:42
Dinding Tanaman Peneduh Rumah
Maulina Kadiranti

Dinding Tanaman Peneduh Rumah

iDEAonline.co.id -- Untuk desain rumah yang beriklim tropis, kadang kala membutuhkan secondary skin agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam ruangan. Kali ini, cobalah buat dinding tambahan yang berkolaborasi dengan tanaman, sebuah dinding tanaman. Selain sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung, dinding tanaman pun akan menyejukkan rumah dan hobi bercocok tanam pun dapat tersalurkan.

Atau Anda dapat mencoba mengganti 'sedikit' pagar yang ada dengan pagar tanaman. Pagar tersebut sedap dipandang mata dan juga bisa menyaring udara kotor serta menyerap zat karbondioksida. Dengan begitu, udara yang masuk ke dalam rumah akan bersih dan terasa segar. Namun, agar lebih aman, padukan dengan material lain, seperti beton, besi, atau kayu. Jangan lupa dipangkas juga ya, iDEA - Lovers. Agar pagar tanaman tetap terlihat cantik.

Lokasi: Rumah Aan, Bintaro, Tangerang

Bisa juga dengan menanam pohon di pekarangan rumah. Penempatan dinding tanaman yang tepat akan melindungi rumah dari sengatan matahari. Pilih pohon yang bercabang banyak dan dahan dan ranting yang tidak mudah patah agar dapat membentuk kanopi alami. Pohon yang biasa dipilih adalah pohon mahoni, tanjung, dan asam. Sama seperti dinding tanaman dan pagar tanaman, pohon yang ditanam di pekarangan pun dapat menyerap zat karbondioksida.

Lokasi: Rumah Aan, Bintaro, Tangerang

Percantik balkon Anda dengan tanaman. Hal tersebut akan menyejukkan serta memperindah balkon Anda. Pilih tanaman yang cocok dengan keadaan balkon. Jika cukup sinar matahari, tanaman berbunga cocok dijadikan pilihan. Balkon Anda akan 'berwana'. Bila kurang sinar matahari, pilih tanaman yang berdaun indah, seperti anthorium.

Lokasi: Rumah Yusuf, Ciledug, Tangerang

Memang, semua butuh waktu ekstra untuk merawatnya. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba. Selain tidak mengeluarkan biaya banyak, dengan dinding tanaman, rumah pun menjadi sejuk dan sedap dipandang mata.

Foto : Roy Rubianto, Yuliandi Kusuma

Lokasi foto lead: Rumah Sithowati Sandrarini, Jakarta

Arsitek: Adi Purnomo

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya
Raih Penghargaan Top Brand ke-4 Kali,  Ini Komitmen dan Keunggulan Fortress Pintu Baja Motif Kayu

Popular

Tag Popular