Follow Us

Atap Carport, Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya!(1)

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 07 Februari 2014 | 02:00
Atap Carport Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya! 1
Devi F. Yuliwardhani

Atap Carport Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya! 1

Carport menjadi salah satu bagian yang bisa menentukan citra rumah Anda. Letaknya yang ada di fasad rumah menentukan bagus tidaknya tampilan rumah Anda. Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih carport untuk rumah Anda.

Untuk membantu Anda dalam memilih material penutup carport Anda, berikut kami sajikan lima hal yang harus Anda pertimbangkan. Silahkan menyimak!

Biaya dan Waktu

Harga material penutup atap carport, baik jenis genting, polikarbonat, kaca dan dak beton tak terlalu banyak berbedaan. Harga di pasaran berkisar Rp100.000-Rp500.000/m² belum termasuk pemasangan dan struktur.

Penambahan biaya bisa berbeda-beda tergantung dengan material. Beton, kayu, baja atau baja ringan.

Untuk waktu pemasangan, atap polikarbonat hanya butuh satu hari karena instalasinya yang cukup mudah. Begitu pula dengan jenis atap genting, instalasinya cepat.

Namun, pemasangan strukturnya cukup menyita waktu. Sedangkan atap kaca, butuh pengerjaan yang lebih presisi demi alasan keamanan.

Terakhir, dak beton membutuhkan waktu pemasangan yang paling lama karena proses pencetakkan, pengecoran dan pengeringan hingga 3-4minggu.

Perawatan Berkala

Dak beton menjadi pilihan untuk atap yang minim perawatan, kecuali terjadi kebocoran akibat kesalahan pengecoran dan ketiadaan lapisan waterproof. Untuk genting, perawatan hanya pada pengecatan ulang dan penggantian saat terjadi kebocoran.

Atap kaca punya maintenance yang relatif rutin agar kaca tetap bersih dari debu dan kotoran. Cahaya pun tetap bisa masuk. Sedangkan polikarbonat tak perlu banyak perawatan, namun harus melakukan pergantian rutin 5-10tahun sekali.

Foto: Dok. Renovasi /iDEA

Baca Juga Atap Carport, Ini Dia Pertimbangan Pemilihannya!(2)

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest