Follow Us

8 Langkah Tepat Mengganti Pot

- Minggu, 02 April 2017 | 04:45
8 Prosedur Tepat Mengganti Pot
idea

8 Prosedur Tepat Mengganti Pot

iDEAonline.co.id - Repotting alias mengganti pot adalah urusan yang sangat sepele namun punya peran dan menentukan pertumbuhan tanaman. Meski begitu masih banyak yang merasa kerepotan saat melakukannya. Berikut langakah-langkahnya:

1. Masa penggantian.

Tanaman wajib direpotting jika media tanamnya sudah terlalu lama, jenuh atau bahkan terdekomposisi. Media tanam terlihat hancur dan memadat. Tanaman umumnya akan berhenti tumbuh karena perakaran tak jalan atau bahkan mati.

Saat ukuran tanaman yang sudah tak sesuai dengan pot juga wajib dipindahkan sekaligus ganti pot. Akar tanaman biasanya sudah penuh dan tak bisa lagi tumbuh memanjang. Sebagai patokan sederhana, ada baiknya lakukan repotting dua kali setahun.

2. Memilih pot.

Siapkan pot baru yang sesuai dengan ukuran tanaman. Tidak ada ukuran pasti berapa perbandingan ukuran pot dengan besar tanaman. Paling penting masih ada ruang yang cukup untuk pertumbuhan akar.

Perhatikan kesesuaian secara proporsional. Pot yang terlampau besar barangkali bagus untuk pertumbuhan, tetapi kurang bagus secara estetika. Soal jenis pot apapun bisa dipakai, pastikan bagian bawahnya ada lubang pembuanngan air.

3. Menyiapkan media tanam.

Syarat utamanya porus, namun media harus tetap mampu menyimpan air. Komposisi campuran media disesuaikan dengan karakter tanaman.

Semisal philo bisa menggunakan campuran coco chip dan akar pakis. Sementara alokasia dan keladi hias yang butuh media agak lembap bisa memakai sekam bakar dan andam.

Jika Anda suka sekali menyiram tanaman, pastikan media tanamnya cukup porus. Sebaliknya jika agak malas menyiram ada baiknya pakai media yang lebih mampu menahan air.

4. Balikkan pot.

Editor : Rasantika M. Seta

Latest