Follow Us

Rumah Resik dengan Bersih-Bersih Berkala

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 13 Maret 2012 | 08:23
Rumah Resik dengan Bersih Bersih Berkala
Devi F. Yuliwardhani

Rumah Resik dengan Bersih Bersih Berkala

Keberadaan tumpukan barang di rumah terkadang bisa berperan layaknya pisau bermata dua. Di satu sisi Anda terkadang memerlukan barang-barang tersebut sewaktu-waktu, namun di sisi lain secara tidak sadar Anda menimbun "sampah" di rumah. Bila dibiarkan, tumpukan barang tidak terpakai ini akan menimbulkan dampak yang buruk bagi penghuni rumah.

Sebelum banyak hal negatif seperti munculnya bibit penyakit yang bisa menyerang penghuni rumah, Anda harus segera membereskan barang-barang di ruangan Anda. Jika Anda tidak dapat mulai dengan ruangan yang benar-benar kosong, Anda dapat mengatur ruangan denan tidak menimbun apa pun.

Agar mudah membersihkan, buatlah daftar yang berisi semua benda yang Anda miliki. Data barang-barang seperti furnitur hingga paper clip. Usahakan jangan terlewat satu bendapun. Dengan begitu, Anda dapat membuat perencanaan untuk storage barang-barang tersebut. Namun, sebelum Anda mulai, jangan sungkan untuk membuang barang yang telah habis nilai gunanya. Membuang barang-barang yang tidak terpakai rumah akan membuat Anda merasakan ruangan yang lebih luas, lebih rapi, jauh dari debu danbibit penyakit. Bila telah selesai, ingatlah aturan "satu masuk, satu keluar". Jika Anda membeli satu barang baru, buang satu barang tua.

Satu tip untuk Anda, jangan langsung membuang barang-barang yang tak terpakai. Saat ini ada beragam institusi yang menampung barang-barang tersebut, seperti sentra daur ulang, pengepul barang bekas, juga yayasan yatim piatu. Jadi, masih banyak tempat menyalurkan barang-barang bekas Anda.

Apabila Anda bingung ketika menyortir tumpukan barang, berikut ini panduan singkat untuk Anda.

Singkirkan semua barang yang belum pernah Anda pakai atau Anda gunakan selama setahun belakangan, terutama makanan yang telah kadaluarsa.Singkirkan atau sumbangkan baju, celana, sepatu yang kekecilan.Singkirkan semua barang yang telah rusak, terutama mainan anak-anak.Berikan obat-obatan yang sudah kadaluarsa ke apotek. Jangan membuangnya secara sembarangan.Singkirkan semua brosur, menu delivery, koran, majalah bekas, atau kertas-kertas yang tak terpakai.

Singkirkan semua barang yang belum pernah Anda pakai atau Anda gunakan selama setahun belakangan, terutama makanan yang telah kadaluarsa.

Singkirkan atau sumbangkan baju, celana, sepatu yang kekecilan.

Singkirkan semua barang yang telah rusak, terutama mainan anak-anak.

Berikan obat-obatan yang sudah kadaluarsa ke apotek. Jangan membuangnya secara sembarangan.

Singkirkan semua brosur, menu delivery, koran, majalah bekas, atau kertas-kertas yang tak terpakai.

Yuk, rutin membersihkan rumah.

Foto: Dok.iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest