Follow Us

Begini, Nih, Cara Menaksir Harga Rumah!

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Sabtu, 23 November 2013 | 00:00
Begini Nih Cara Menaksir Harga Rumah
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Begini Nih Cara Menaksir Harga Rumah

Pasangan baru yang berburu rumah pertama kadang gusar, kira-kira harga rumah yang barusan disurvei itu harganya sesuai enggak ya? Beberapa cara menaksir harga rumah di bawah ini mungkin dapat membantu.

1. Mencari tahu harga rumah di sekitar

Bandingkan dengan rumah lain yang baru saja terjual di sekitarnya. Kalau bisa, sih, mendapat data langsung dari pembeli atau penjualnya. Kunjungi rumah yang akan dijual untuk mendapatkan data harga dan kondisi rumah.

2. Browsing

Cari rumah dengan spesifikasi dan lokasi yang mirip dengan rumah Anda. Website sepertirumah.com dan mataruma.com menyajikan data-data rumah yang bisa dibandingkan dengan rumah Anda, walaupun keakuratannya rendah.

3. Hitung dari faktur PBB

Pada lembar tagihan PBB setiap tahun, perhatikan berapa NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) rumah yang akan dijual. Perhitungan umumnya: harga rumah maksimal = 2 x NJOP.

Disarankan untuk menentukan harga rumah antara 1x NJOP sampai dua kali lipatnya. Kalau ada yang menjual rumah di bawah harga NJOP, biasanya sedang BU (butuh uang).

4. Menggunakan jasa appraiser (ahli taksir)

Bank atau konsultan properti mempunyai ahli taksir rumah. Agen properti juga ahli dalam menaksir harga rumah. Faktor-faktor yang diperhatikan dalam menilai harga rumah adalah

- Kondisi bangunan dan renovasi yang diperlukan

- Jumlah ruangan

Halaman Selanjutnya

- Usia rumah
1 2

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest