Follow Us

Merawat Karpet: Gosok agar Tidak Rontok

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 17 Mei 2014 | 08:10
Merawat Karpet Gosok agar Tidak Rontok
Devi F. Yuliwardhani

Merawat Karpet Gosok agar Tidak Rontok

iDEAonline.co.id - iDEA-Lovers, tahu nggak, sih, kalau karpet itu terbagi dalam dua jenis? Jenis karpet terbagi berdasarkan proses pembuatan. Pertama, karpet buatan tangan. Kedua, karpet hasil produksi mesin. Karpet buatan tangan lebih tahan lama, bisa bertahan hingga ratusan tahun. Sedangkan karpet buatan mesin mampu bertahan 7-10 tahun.

Pada dasarnya, semua jenis karpet memiliki cara perawatan yang kurang lebih sama. Yang menjengkelkan, karpet kerap terkena tumpahan noda makanan dan minuman yang biasanya sulit dibersihkan. Kali ini, iDEA akan memberi tips merawat karpet, untuk membersihkan noda makanan dan minuman dengan cara yang praktis. Ini dia:

Alat dan bahan:

- Sabun cuci

- Baskom

- Kain lap dan tisu

Trik Membersihkan Karpet

Jika karpet terkena makanan atau minuman, segera bersihkan dengan tisu. Bisa juga dengan kain lap untuk meresapkan cairan dan membersihkan sisa makanan. Siapkan air yang sudah dicampur dengan deterjen. Basahi kain lap dengan air deterjen, lalu peras. Usapkan kain lap di tempat yang terkena noda saja. Jangan gunakan sikat untuk menghilangkan noda, karena akan merusak bulu karpet. Cara membersihkannya, usap-usap mengikuti atau berlawanan dengan arah bulu karpet. Setelah bersih, jemur karpet di bawah terik matahari. Jika hendak menjemur dalam waktu lama --maksimal satu jam--jemur karpet dalam kondisi terbalik

Jika karpet terkena makanan atau minuman, segera bersihkan dengan tisu. Bisa juga dengan kain lap untuk meresapkan cairan dan membersihkan sisa makanan.

Siapkan air yang sudah dicampur dengan deterjen. Basahi kain lap dengan air deterjen, lalu peras.

Usapkan kain lap di tempat yang terkena noda saja. Jangan gunakan sikat untuk menghilangkan noda, karena akan merusak bulu karpet. Cara membersihkannya, usap-usap mengikuti atau berlawanan dengan arah bulu karpet.

Setelah bersih, jemur karpet di bawah terik matahari. Jika hendak menjemur dalam waktu lama --maksimal satu jam--jemur karpet dalam kondisi terbalik

Sumber: Majalah iDEA, Juni 2004

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest