Follow Us

Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Senin, 09 Februari 2015 | 06:10
Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

iDEAonline.co.id -Salah satu tahap utama dalam perawatan tanaman adalah dengan memberi pupuk secara berkala. Tanah bernutrisi tinggi akan menumbuhkan tanaman yang sehat juga cantik. Bila Anda kesulitan mendapatkannya, coba saja buat pupuk sendiri di rumah. Hanya dengan memanfaatkan sisa-sisa makanan dan sampah organik lainnya yang, nutrisi untuk tanaman kesayangan pun terpenuhi. Berikut cara mudah membuat pupuk kompos.

Tentukan wadah yang ingin Anda gunakan

Tentukan wadah yang ingin Anda gunakan

Pertama, dalam urutan cara mudah membuat pupuk kompos yang perlu Anda putuskan adalah wadah apa yang ingin Anda gunakan. Apakah menggunakan kontainer tertutup atau wadah terbuka. Keunggulan wadah tertutup adalah mudah dalam menkomposisi tanaman dan bersih. Namun tantangannya, Anda harus mengatur kelembaban. Selain itu, biasanya pupuk juga menjadi kurang kompos.

Sementara bila menggunakan wadah terbuka, proses pengadukan dapat dilakukan lebih mudah. Proses perubahan material pupuk juga lebih mudah Anda awasi. Kelemahannya, gundukan "calon" pupuk ini mungkin agak kurang sedap dipandang. Pasalnya, pupuk kompos terbuat dari bahan-bahan membusuk. Perhatikan penempatannya karena adonan pupuk kompok mengeluarkan bau kurang sedap.

Campuran

Campuran

Pertama, tumpuk kotoran dari taman. Kemudian tambahkan dengan sisa-sisa makanan. Masukkan secara periodik, misalnya tiap setiap pagi atau setiap selesai makan malam. Jaga keseimbangan campuran antara bahan-bahan basah (seperti rumput atau sayur) dan bahan-bahan kering (seperti potongan daun dan sobekan kertas).

Aduk wadah seminggu sekali atau dua kali seminggu untuk meratakan bakteri-bakteri baik dalam adonan pupuk. Jaga kelembapan adonan, tapi jaga agar jangan sampai basah. Tunggu selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Anda akan memiliki stok pupuk kandang yang siap menutrisi taman Anda.

Katakan "ya" untuk menambahkan ini dalam adonan

Katakan "ya" untuk menambahkan ini dalam adonan

Potongan rumput, daun, sayur, sisa buah, biji-bijian, jerami, dan sobekan kertas kartus merupakan bahan tambahan yang baik adonan pupuk kompos. Cangkang telur, bubuk kopi, dan serat kering juga bisa jadi pilihan.

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest