Follow Us

Ini Dia 5 Tips Mengelola Pekerjaan Rumah Tangga

- Sabtu, 01 Oktober 2016 | 04:00
Ini Dia 5 Tips Mengelola Pekerjaan Rumah Tangga
idea

Ini Dia 5 Tips Mengelola Pekerjaan Rumah Tangga

iDEAonline.co.id - Baik Anda seorang ibu bekerja atau bukan, pasti pada akhirnya seorang wanita akan dihadapkan pada tugas mulia yaitu melakukan pekerjaan rumah tangga. Anda tidak bisa lepas dari tanggung jawab ini.

Bagi sebagian orang melakukan pekerjaan rumah tangga bagikan sebuah mimpi buruk. Pasalnya, Anda akan dihadapkan pada kesulitan untuk menjaga anak-anak, mencuci pakaian dan piring, memasak, dan membersihkan seisi ruangan rumah pada waktu yang sama.

Yang sudah terbiasa si tak menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang sulit. Namun, lain hal-nya bagi yang belum terbiasa, pengantin baru atau perempuan yang memilih berhenti berkarier dan memutuskan menjadi ibu rumah tangga misalnya. Mengatasi hal tersebut, kami memberikan lima tips cerdas untuk mengelola pekerjaan rumah tangga agar semua rapi dan beres.

Utamakan membuat rencana

Ini langkah pertama yang tepat, yaitu buat rencana apa saja yang akan Anda kerjakan seharian ini. Akan lebih baik lagi bila Anda sudah merencanakannya sehari sebelumnya atau seminggu sebelumnya. Hal Ini mencegah Anda dari stres dan melakukan banyak pekerjaan pada satu waktu.

Minta bantuan anggota keluarga

Pasangan dan anak-anak Anda dapat ditugaskan melakukan pekerjaan sesuai kemampuan mereka. Diskusikan apa tugas rumah yang dapat diberikan kepada masing-masing anggota keluarga dan biarkan mereka bertanggung jawab atas tugasnya. Biarkan anak Anda mencoba merapikan kamarnya sendiri atau minta suami untuk membetulkan perabotan yang rusak. Pekerjaan rumah tangga bukanlah hanya tanggung jawab istri.

Melakukan tugas-tugas secara bersamaan

Cara paling ampuh untuk menghemat waktu Anda adalah melakukan pekerjaan rumah secara bersamaan. Ketahui dulu tugas rumah apa saja yang bisa dilakukan bersamaan. Misalnya, menaruh pakaian di mesin cuci sembari mulai memasak makan malam. Anda bisa juga mendengarkan musik sembar melakukan pekerjaan rumah - ini membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan tentunya Anda akan terus bersemangat!

Istirahat sejenak

Hal ini penting untuk memberikan tubuh Anda istirahat sejenak terutama ketika Anda dihadapkan pada pekerjaan rumah yang menumpuk. Bersantai sejenak dengan merenggangkan kaki. Ingatlah juga untuk membuat secangkir lemon segar untuk menghilangkan keletihan.

Istirahat malam yang cukup

Jangan berkompromi dengan waktu tidur malam Anda. Tidur malam yang baik itu tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Ini tidak hanya menenangkan tubuh dan pikiran dari banyak masalah, tetapi juga membantu Anda merasa segar.

Lakukan 5 tips di atas dan bersenang-senanglah dengan pekerjaan rumah tangga Anda, iDEA Lovers.

Editor : Sabrina Alisa

Latest