Follow Us

Cara Alami Mengusir Serangga dan Tikus di Rumah

Maulina Kadiranti - Selasa, 24 Januari 2017 | 09:10
Cara Alami Mengusir Serangga dan Tikus di Rumah
Maulina Kadiranti

Cara Alami Mengusir Serangga dan Tikus di Rumah

iDEAonline.co.id - Tanpa menggunakan bahan kimia, serangga seperti kecoak, nyamuk, semut, juga binatang penggangu seperti tikus, dapat kita singkirkan. Karena berasal dari alam, bahan-bahan alami lebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Selain itu, bahan-bahan dan alatnya pun mudah diperoleh, sehingga Anda pun tidak akan kesulitan untuk membuatnya sendiri. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan: merica butir, minyak serai, jeruk nipis, buah mengkudu, kain kasa, karet gelang, dan kain lap.

Berikut cara alami mengusir serangga dan tikus di rumah.

Kecoak

Haluskan merica butir, tempatkan dalam kain kasa, ikat dengan karet gelang. Buat beberapa buah. Letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang atau tempat lalu lintas kecoak.

Nyamuk

Sekarang mulai banyak dijual sari pati serai atau biasa disebut minyak serai. Gunakan minyak serai sebagai pengusir nyamuk. Caranya, teteskan sekitar 10 tetes minyak serai ke dalam 1 liter air untuk ngepel lantai. Aroma serai akan mengusir nyamuk. Lakukan secara teratur setiap hari agar nyamuk tidak berani mendekat.

Semut

Gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangan semut. Caranya, peras jeruk nipis dan campur airnya ke dalam 50 ml air. Celupkan kain lap, dan gunakan kain itu untuk membersihkan tempat berkumpulnya semut atau jalur yang biasa dilewati semut.

Tikus

Gunakan buah mengkudu yang sudah masak. Kenakan sarung tangan, lalu potong-potong buah tersebut. Sarung tangan diperlukan untuk menghindari getah buah mengkudu. Sebab, jika terkena tangan getahnya dapat menimbulkan rasa gatal. Letakkan potongan buah di dalam beberapa wadah lalu tempatkan wadah-wadah tersebut di sudut-sudut yang sering dilalui tikus atau pada tempat-tempat di mana tikus bersarang. Bau buah mengkudu akan membuat tikus kabur dan kapok datang lagi.

Mudah kan cara cara alami mengusir serangga dan tikus di rumah?

Foto: verywell.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest