Follow Us

Ingin Menyekat Ruang? Ketahui Dulu 4 Hal Penting Ini

Maulina Kadiranti - Rabu, 01 Februari 2017 | 10:50
Ingin Menyekat Ruang Ketahui Dulu 4 Hal Penting Ini
Maulina Kadiranti

Ingin Menyekat Ruang Ketahui Dulu 4 Hal Penting Ini

iDEAonline.co.id - Kadang kala, terdapat sebuah ruang besar di rumah. Awalnya, ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Akan tetapi, lama kelamaan kebutuhan bisa berubah. Ruang yang luas tersebut bisa jadi tidak lagi diperlukan.

Menyekat ruang kemudian menjadi pilihan. Sebelum menyekat ruang, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Simak 4 hal berikut ini!

Bentuk Ruang

Sebelum menyekat ruang yang ada di rumah, pertimbangkan dahulu bentuk dan berapa besar kedua ruang tersebut setelah dibagi. Jika Anda tidak memperhitungkannya dengan baik, salah-salah kedua ruang tersebut akan terasa sempit. Misalnya, ruang besar yang cenderung memanjang akan lebih optimal jika dibagi dua menurut panjangnya.

Fungsi Ruang

Saat menyekat ruang menjadi keharusan, Anda harus memilih bentuknya dengan tepat sesuai fungsi ruang. Jika tidak terlalu dibutuhkan privasi, gunakan partisi yang tidak masif seperti rak buku atau panel dinding transparan.

Ada kalanya Anda masih memerlukan ruang yang besar untuk keperluan tertentu, seperti acara keluarga. Akan tetapi, tidak selamanya Anda memerlukan ruangan yang besar tersebut. Jika ini yang dibutuhkan, pilihlah pembatas ruang yang bisa dibuka tutup. Pilihannya adalah folding door atau panel-panel ringan yang bisa dipindah-pindahkan. Dengan cara seperti ini, ruang akan lebih fleksibel. Saat Anda butuhkan, Anda bisa menambah luas ruangan Anda.

Desain Bangunan

Tinjau kembali desain bangunan Anda sebelum menyekat ruang. Pada umumnya, arsitek merancang rumah dengan program ruang yang jelas. Ruang sudah didefinisikan walaupun tidak dengan batas yang tegas. Sekat yang Anda gunakan hanya untuk mempertegas batas ruang itu saja. Ada baiknya Anda mengikuti desain arsitek untuk menentukan posisi sekat, agar tidak menghasilkan ruang yang "aneh". Jika Anda tidak yakin dengan posisinya, Anda dapat berkonsultasi dengan desainer atau arsitek.

Model Partisi

Karena menjadi bagian ruang yang mendukung keindahan ruang, model partisi harus diperhatikan. Selaraskan material yang dipilih dengan konsep desain ruang secara keseluruhan. Misalnya ruang modern menggunakan kaca atau ruang dengan sentuhan tradisional lebih sesuai menggunakan penyekat bermaterial kayu atau rotan.

Setelah mengetahui keempat hal tersebut, menyekat ruang pun akan menghasilkan ruang yang nyaman sekaligus menawan.

Foto: Adeline Krisanti

Editor : Maulina Kadiranti

Latest