Follow Us

Lebih Hemat dengan Memilih Lampu yang Tepat

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 17 April 2014 | 10:10
Lebih Hemat dengan Memilih Lampu yang Tepat
Devi F. Yuliwardhani

Lebih Hemat dengan Memilih Lampu yang Tepat

iDEAonline.co.id - Tahukah Anda, jika mengganti 15 lampu neon Anda yang tidak efisien, dapat membantu Anda menghemat sekitar US$ 50 per tahunnya.

Standar pencahayaan yang baru, sudah berlaku sejak 2012. Anda bisa menghemar uang Anda dengan menggunakan lampu jenis: Energy Saving Incandescent, CFL maupun LED yang sudah tersedia sekarang. Memilih lampu yang tepat, mampu membantu Anda dalam menghemat energi..

Apa bedanya lampu pijar yang baru dengan lampu yang lama? Untuk membantu Anda memilih lampu yang tepat, Anda perlu tahu dahulu jenis lampu yang ada. Lampu neon lama, menggunakan lebih banyak energi untuk menghasilkan cahaya. Sayangnya 90% energi yang digunakan, justru diubah menjadi panas, bukan cahaya.

Bohlam lampu baru hadir dengan pilihan warna dan tingkat cahaya yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Lampu baru, juga lebih efisien - sehingga membantu Anda berhemat

Ada tiga jenis lampu yang dirancang lebij efisein dari pada lampu neon lama. Anda bisa mengganti lampu neon yang boros, dengan memilih lampu yang tepat untuk rumah Anda. Tiga jenis lampu efisien: Energy Saving Incandescent, CFL dan LED. Kini Anda sudah dapat menemukannya di supermarket, maupun minimarket dekat rumah Anda.

Energy Saving Incandescents - Menghemat 25% energi

Menghemat energi atau halogen, dilakukan dengan kasul yang memegang gas di sekitar filamen, yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bohlam lampu. Lampu pijar jenis ini, lebih hemat 25% dan dapat bertahan tiga kali lebih lama dari pada lampu neon. Lampu ini tersedia dalam beberapa ukuran dan warna. Selain itu lampu jenis Energy Saving Incandescent ini, juga mampu digunakan dengan dimmer.

CFL - Mampu menghemat Energi hingga 75%

Compact fluorescent lamp (CFL) merupakan lampu dengan bohlam model keriting yang mungkin biasa digunakan pada dapur maupun garasi rumah Anda. Lmpu ini, hanya menggunakan sekitar seperempat energi dari pada lampu neon, dan mampu bertahan sepuluh kali lebih lama. Lampu CFL juga hadir dengan berbagai pilihan warna.

LED - Mampu menghemat energi hingga 75- 80%.

The light emitting diode (LED) merupakan jenis pencahayaan yang solid dengan semi konduktor yang mengkonversi listrik menjadi cahaya. Meskipun lampu LED awalnya hanya digunakan untuk indikator dan lampu lalu lintas, LED merupakan aplikasi penerangan yang paling hemat. Lampu ini hanya menggunakan 20% - 25 % energi yang biasa digunakan lampu neon, dan mampu bertahan 25 kali lebih lama.

Sumber : energy.gov

Editor : iDEA

Latest

Bantu Sediakan Air Bersih di Indonesia,  Viessmann Climate Solutions Perkenalkan Stasiun Pengolahan Air Vitopure S2-2G
Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024

Popular

Tag Popular