Follow Us

Taman Ganesha - Oase di Bandung Utara

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Senin, 20 Januari 2014 | 08:00
Taman Ganesha Oase di Bandung Utara
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Taman Ganesha Oase di Bandung Utara

Bandung memiliki banyak taman yang tersebar baik di tengah maupun di sisi kotanya. Taman-taman di Bandung memiliki sisi historisnya sendiri. Salah satu taman kota yang memiliki sejarah penting di kota Bandung yaitu Taman Ganesha. Letaknya persis di selatan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) atau tepatnya di jalan Ganesha.

Taman Ganesha dapat diakses dari jalan Dago dengan belok kiri tepat di seberang Rumah Sakit St.Borromeus dan setelah Masjid Salman, akan terlihat taman ini meskipun agak tertutup oleh pedagang.

Tempat ini termasuk salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan tempat refreshing karena taman ini dinaungi oleh banyak pepohonan rindang. Tanpa biaya masuk, fasilitas yang dimiliki taman ini cukup lengkap. Didukung pula oleh tersedianya bangku-bangku taman maupun pilihan kuliner yang beraneka ragam.

Letak Taman Ganesha yang strategis, yang dekat dengan Kebun Binatang Bandung serta kampus ITB, menjadikan banyak pengunjung kedua objek tersebut memilih untuk beristirahat di taman ini. Lokasi yang berdempetan dengan Masjid Salman memudahkan pengunjung yang ingin beribadah maupun mencari kamar kecil.

Di sekitar taman ini memang terasa sejuk dan rindang karena dikelilingi oleh pohon-pohon teduh nan tinggi. Terdapat sekitar 44 jenis tanaman di taman ini, mulai dari Ki Hujan hingga beberapa jenis tanaman teh. Pohon-pohon tinggi yang berada di taman ini juga berfungsi sebagai hunian bagi berbagai jenis burung, sehingga taman ini turut dikenal sebagai wahana konservasi.

Maka dari itu pintar-pintarlah menyimpan kendaraan di sekitar kawasan ini atau kendaraan anda akan mendapat "oleh-oleh" dari burung-burung tersebut. Untuk mengetahui apa saja jenis burung yang terdapat di sekitar taman ini, di tengah taman ada sebuah plang berisikan daftar nama-nama burung beserta gambarnya.

"Ijzermanpark"

Dibangun di sekitar tahun 1919, usia taman ini tidak jauh berbeda dari bangunan ITB atauTechnische Hoogeschool (THS) yang berada di poros utara taman ini. Pada awalnya taman ini memang dibangun sepaket dengan bangunan Technische Hoogeschool tersebut.

Ya, taman ini pada awalnya memang sengaja dibangun sebagai tribute atau penghargaan atas jasa seorang tuan J.W. Ijzerman, seorang karyawan perusahaan jawatan kereta api negara (staats spoorwegen) Hindia Belanda dalam pembangunan kampus THS. Beliau juga dikenal sebagai arsitek terkemuka, yang salah satu karyanya adalah bangunan stasiun kereta api Bandung.

Sejarah pembangunan taman ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah pembangunan kampus THS itu sendiri. Dahulu, atas perkembangan pembangunan di Hindia Belanda yang teramat pesat, kebutuhan akan tenaga arsitek maupun pendukungnya turut meningkat. Selama ini, Hindia Belanda mengimpor tenaga-tenaga arsitek tersebut dari negeri Belanda, khususnya lulusan sekolah tinggi politeknik Delft.

Kebutuhan tersebut terutama sangat dibutuhkan oleh kalangan swasta yang tengah semangat merintis bisnis di Hindia Belanda. Selain itu, para arsitek yang telah menetap di Hindia Belanda turut mengeluhkan kurangnya pengetahuan arsitek-arsitek didikan Belanda terhadap pengetahuan arsitektur lokal dan tropis, sehingga perlu dibangun suatu sekolah tekhnik di bumi nusantara ini.

Kalangan swasta ini, yang terdiri atas pengusaha-pengusaha di bidang perdagangan, industri, transportasi dan kebudayaan kemudian berinisiatif mewujudkan ide pembangunan suatu sekolah teknik tersebut, lantas didirikanlah "Koninklijk Instituut voor Hooger Technisch onderwijs in Nederlands-Indie" Lembaga Kerajaan untuk Perguruan tinggi dengan ketuanya Dr J.W. Ijzerman. Perkumpulan itu hingga awal tahun 1919 telah berhasil mengumpulkan dana hingga berjumlah tiga juta gulden untuk pembangunan THS.

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest