Follow Us

Mengembangkan Rumah Tipe 65

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Selasa, 07 Januari 2014 | 02:00
Mengembangkan Rumah Tipe 65
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Mengembangkan Rumah Tipe 65

Tanya:

Saya membeli rumah secara indent. Sebuah rumah model minimalis dengan luas bangunan 65m2 dan tanah 120m2. Lewat surat ini saya mohon saran pengembangan rumah tersebut. Saya memiliki satu putri dan dua putra. Umur mereka antara 2,5 tahun - 8 tahun. Tambahan atau perubahan ruang yang saya inginkan antara lain: sebuah kamar lagi untuk anak, sebuah kamar mandi pada kamar tidur utama, gudang, taman dalam dengan kolam ikan, serta tempat cuci dan jemur. Dengan pertimbangan keterbatasan dana, saya mohon saran pengembangan. Titik beratnya pada aspek fungsi. Ini agar semua ruangan menjadi lebih bermanfaat. Mungkinkah disertakan saran pilihan materialnya? Terima kasih.

Agustian

Perumahan Witana Harja

Pamulang - Tangerang

Jawab:

Dari gambar yang Anda kirimkan, saya mencoba mengembangkan dengan seminimal mungkin mengubah denah aslinya. Saya menyarankan untuk membuat pengembangan ke atas karena lahan di bawah sudah tidak memungkinkan untuk ditambah, kecuali kamar mandi dalam di ruang tidur utama.

Penambahan ruang yang Anda inginkan, seperti ruang tidur anak, gudang, serta tempat cuci dan jemur diletakkan di lantai atas, ditambah dengan ruang santai untuk beristirahat keluarga. Tangga untuk naik ke lantai atas sebaiknya diletakkan di ruang makan yang bersisian dengan ruang servis.

Untuk menghemat tempat, tangga sebaiknya didesain dengan bentuk "L". Tangga untuk naik ke tempat cuci dan jemur diletakkan di area servis dengan sudut yang agak curam. Ruang tidur untuk dua anak laki-laki sebaiknya dibuat menyatu dengan bentuk ruang yang dapat disekat apabila mereka sudah besar nanti.

Apabila Anda gemar memelihara ikan, hobi Anda itu dapat disalurkan di taman belakang. Di sini masih memungkinkan untuk dibuat kolam kecil dengan air yang mengalir serta tanaman yang ditata apik.

Keterbatasan dana janganlah menjadi kendala karena sekarang banyak sekali pilihan material. Namun sebaiknya Anda mempertimbangkan material yang kuat dan berumur panjang, seperti rangka baja ringan untuk atap dan bata press untuk dinding. Untuk material finishing, Anda dapat menggunakan batu alam, dinding plesteran yang digurat, dan cat dinding dengan permainan warna yang kontras untuk memberikan aksen.

Demikianlah saran dari saya. Selamat mencoba!

Salam, Endhi Ibuhindar

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest