Follow Us

Parket yang Bisa Langsung Dipasang di Atas Keramik

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 02 April 2014 | 03:00
Parket yang Bisa Langsung Dipasang di Atas Keramik
Devi F. Yuliwardhani

Parket yang Bisa Langsung Dipasang di Atas Keramik

iDEAonline.co.id - Saat ini dalam dunia perparketan dikenal tiga jenis pelapis: HDF/laminated, engineered, dan solid. Ketiga jenis itu memiliki perbedaan yang jelas. HDF (High Density Fiber) dibuat dari bubur kayu yang di-press dan diberi formalin agar awet, bagian atasnya kemudian ditempel stiker motif kayu. Karena dibuat dari bubur kayu maka HDF mengandung serbuk. Sementara kandungan formalin pada HDF ditengarai dapat merugikan kesehatan. Tidak heran material ini sudah ditolak penjualannya di negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.

Engineered yang juga dikenal dengan sebutan parket semisolid dibuat dari kayu alami yang dibentuk bersusun (multipleks) sehingga memiliki tingkat elastisitas yang baik. Bagian atas kayu ini menggunakan solid, sedangkan bawahnya memakai meranti. Sedangkan parket solid, sesuai dengan namanya, dibuat dari kayu utuh. Secara material parket ini paling kuat dan awet dibanding tipe lainnya.

Pemasangan Engineered Mudah

Harga engineered lebih ramah di kantong, pemasangannya pun lebih mudah, hanya membutuhkan waktu 1-2 hari saja. Parket ini bisa langsung dipasang di atas lantai keramik yang permukaannya rata. Jika kurang rata, kita bisa lapisi lebih dulu permukaan lantai keramik dengan foam sheet setebal 2 mm. Pemasangan foam sheet juga membuat permukaan keramik awet , kalau parketnya dilepas lantai keramiknya tetap seperti sedia kala.

Cara memasang parket ini hanya dilem pada lembaran parket yang bertemu dengan bagian tembok saja. Setelah parket ini terpasang, bisa langsung dipergunakan. Setelah pemakaian bertahun-tahun warna parket engineered akan pudar. Untuk memperbaikinya harus diganti dengan yang baru. Caranya, tinggal melepas bilah parket yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Solid Butuh Waktu 1,5 Bulan

Harga parket solid lebih mahal dari parket HDF dan engineered. Pemasangan parket solid membutuhkan waktu hampir 1,5 bulan. Sebenarnya parket sudah dapat terpasang dalam 5 hari, namun kemudian harus didiamkan selama 1 bulan untuk memberi waktu pada parket untuk beradaptasi dengan suhu dan kondisi ruang. Setelah1 bulan dilakukan proses finishing: mengampelas permukaan parket, melakukan pendempulan, pemberian sending (sebanyak 3 lapis), dan dipoles.

Perawatan parket solid maupun engineered tidak merepotkan. Anda dapat membersihkan permukaannya seperti membersihkan lantai biasa, dengan sapu dan kain pel yang basah atau lembap. Parket solid lebih awet dan tahan lama, namun setelah beberapa waktu warnanya akan memudar dan harus dilakukan finishing ulang untuk mengembalikan tampilannya.

Parket HDF, mengandung serbuk dan formalin. Banyak negara sudah menolaknya. Sebaiknya parket ini dihindari.

Parket Engineered lebih murah dibandingkan parket Solid, awet, mudah dan cepat memasangannya, tampilannya pun menarik.

Parket Solid, paling unggul dalam kekuatan dan kealamian tampilan.

Foto: iDEA/Adeline Krisanti

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular