Follow Us

Ini Dia 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik

- Senin, 05 Juni 2017 | 01:02
Ini Dia 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik
idea

Ini Dia 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik

iDEAonline - Jelang lebaran bertepatan dengan liburan anak sekolah, sudah dipastikan banyak orang akan melakukan jalan-jalan bersama keluarga mereka. Bisa keluar kota atapun tetap memilih berada di kota tempat tinggalnya dan mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang ditawarkan.

Namun, sebelum pergi mudik dan berlibur, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang ditinggakan seperti rumah dan seisinya. Ada beberapa hal yang mesti Anda cek sebelum meninggalkan rumah. Sepertinya, liburan dengan perasaan tenang akan lebih menyenangkan daripada rasa khawatir yang terus menghantui. Berikut ini, hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah untuk pergi mudik.

Cek keamanan

Apakah jendela, pintu, dan garasi sudah tertutup dan terkunci? Apakah tirai sudah tertutup? Apakah Anda meninggalkan kendaraan di tempat yang aman? Penting untuk Anda memperhatikan hal-hal tersebut. Dan pastikan juga tidak ada barang-barang yang terlihat dari luar. Terakhir, buatlah sketsa singkat denah rumah dan barang-barang yang perlu dikunci serta berikan penanda pada denah rumah Anda.

Bersihkan tempat-tempat berbau

Tempat sampah baik di dapur, kamar mandi, kamar tidur, atau di ruangan lain harus bersih saat Anda berpergian. Selain tempat sampah, bak pencuci piring, mesin pembuat kopi, dan lemari pendingin, juga harus bersih sebelum Anda pergi, khususnya jika dalam jangka waktu yang lama. Mengapa? Karena tentunya Anda tidak ingin menghirup udara tidak sedap saat pulang. Namun, tidak hanya mengosongkan, Anda juga perlu membersihkannya.

Simpan energi dan lindungi dari kerusakan

Jangan lupa untuk mematikan seluruh peralatan elektronik dari stop kontak, mulai dari televisi, komputer dan pendingin ruangan. Kemudian, pertimbangkan juga untuk mematikan aliran air selama Anda meninggalkan rumah. Tak kalah pentingnya, Anda pun harus memastikan peralatan memasak seperti kompor gas dan oven dalam keadaan mati.

Menyiram tanaman

Bila Anda berencana berlibur keluar kota, maka jangan lupa untuk memberikan perhatian kepada tanaman Anda. Berikan air yang cukup selama Anda pergi dan letakkan tanaman tersebut pada area yang optimal dari sinar matahari. Tak ingin kan, tanaman kesayangan Anda mati selesai pulang liburan?

Komunikasi dengan tetangga

Jika ada tetangga yang tidak pergi berlibur atau tidak mudik, mintalah bantuannya untuk turut memperhatikan rumah Anda. Anda juga bisa memberikan nomor pribadi dan nomor alternatif jika ada hal-hal berbahaya terjadi pada rumah Anda.

Selamat berlibur di akhir pekan dan selamat mudik bersama keluarga terkasih, iDEA Lovers.

Foto: blog.gozengo.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest