Follow Us

5 Fakta Stadion Pakansari Bogor

Sabrina Alisa - Jumat, 02 Desember 2016 | 04:28
5 Fakta Stadion Pakansari Bogor
Sabrina Alisa

5 Fakta Stadion Pakansari Bogor

iDEAonline.co.id - Ini 5 fakta Stadion Pakansari yang belum kamu tahu. Stadion Pakansari yang terletak di kawasan Cibinong adalah stadion termegah yang dimiliki Kota Bogor. Berkapasitas hingga 30.000 orang, Stadion Pakansari baru dibangun pada 2014 lalu. Masih baru dan masih fresh tentunya. Sempat menjadi "kandang" bagi PS TNI dalam Turnamen Piala Bhayangkara 2016, Stadion Pakansari akan dipakai oleh tim nasional sepak bola Indonesia untuk menjalani pertandingan semifinal AFF 2016.

Rencana timnas ini membuat Stadion Pakansari ramai diperbincangkan. Tak hanya karena bangunannya yang baru, tapi juga karena bangunan Stadion Pakansari yang cantik dipandang mata. Dan, tahukah Anda, ternyata arsitektur Stadion Pakansari merupakan perpaduan arsitektur modern dengan tradisional.Seperti apa kelihatannya? Inilah 5 fakta menarik Stadion Pakansari yang mesti Anda tahu.

Memakai Sistem Single Seat

Stadion Pakansari merupakan stadion modern dan berkaca pada stadion bertaraf internasional. Karena itu, fasilitasnya pun mengacu pada stadion-stadion internasional. Demi kenyamanan pengunjung dan mencegah overkapasitas, sistem kursi di Stadion Pakansari adalah single seat dan sudah memiliki penomoran. Penonton yang datang akan duduk sesuai nomor tiket.

Bergaya Modern

Tampil kekinian, Stadion Pakansari menekankan gaya modern pada arsitekturnya. Atapnya berbentuk oval khas stadion-stadion urban pada umumnya. Warna-warna yang digunakan pun tampak atraktif sehingga terlihat sangat menarik bila dilihat dari atas. Warna-warni segar seperti kuning, hijau, dan oranye adalah warna yang banyak digunakan.

Mengusung Kearifan Lokal Bogor

Meski bergaya modern, Stadion Pakansari tak melupakan kearifan lokal Kota Bogor. Pada pagarnya, Stadion Pakansari menggunakan motif buah caruluk atau yang akrab kita ketahui sebagai kolang-kaling yang merupakan hasil dari pohon kawung. Motif ini dipilih karena nama Bogor yang berasal dari kata tunggul (akar) pohon kawung (aren).

Berhawa Sejuk

Karena masih terletak di kawasan Cibinong, Kota Bogor, Stadion Pakansari memiliki hawa sejuk. Di sekelilingnya pun masih terdapat banyak pepohonan hijau dan bukit-bukit. Bila beruntung dan langit sedang cerah, Anda akan melihat siluet Gunung Salak di kejauhan.

Terletak 50 km Saja dari Ibukota

Memiliki fisik dan fasilitas berstandar internasional, Stadion Pakansari hanya terletak 50 km dari Jakarta. Ini membuatnya mudah dijangkau. Akses dari dan ke Jakarta pun memiliki banyak alternatif.

Akses ke Stadion Pakansari dengan angkutan umum dapat ditempuh dengan Commuterline. Anda dapat turun di Stasiun Bojonggede, lalu naik angkot 05 ke arah Depok dan turun di kawasan Pemda Cibinong. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan angkot 08 dan turun di Pengadilan Negeri Cibinong. Berjalanlah ke arah selatan, Jl. Kol. Edy Yoso Martadipura, sejauh 850 m dan Anda akan sampai di depan Stadion Pakansari. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, akses menuju Stadion Pakansari dapat ditempuh lewat Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Sentul. Bila tidak melalui tol, jalur tercepat adalah lewat Jalan Raya Bogor.

Sumber: dari berbagai sumber

Editor : iDEA

Latest