Follow Us

3 Dari 6 Bandara dengan Landasan Terpanjang di ASEAN, Ada di Indonesia!

Fransisca Wungu - Rabu, 01 Maret 2017 | 04:14
3 Dari 6 Bandara dengan Landasan Terpanjang di ASEAN Ada di Indonesia
Fransisca Wungu

3 Dari 6 Bandara dengan Landasan Terpanjang di ASEAN Ada di Indonesia

iDEAonline.co.id - Mungkin bagi Anda yang sudah pernah mendatangi Bandara Changi Singapura dan Narita Tokyo beranggapan bahwa kedua bandara tersebut mempunyai landasan (runway) terpanjang di dunia, setidaknya di Asia.

Anggapan yang kurang tepat, karena bahkan landasan bandara Changi Singapura masih kalah panjang dibandingkan dengan bandara Hang Nadiem di Batam, Kepulauan Riau.

Sedangkan di Asia Tenggara, dari 6 bandara dengan landasan terpanjang, ada 3 dari Indonesia. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Malaysia - 4.124 meter

Bandara internasional utama Kuala Lumpur, Malaysia terletak di Sepang, negara bagian Selangor dengan kode IATA KUL. Dibuka pada 1998, pembangunannya memakan biaya 3,5 miliar Dolar dengan slogan Bringing the World to Malaysia and Malaysia to the World. Bandara ini merupakan pangkalan untuk Malaysia Airlines dan Air Asia. Pada 2011, ia telah mencatat sebanyak 25.915.723 penumpang, menjadikannya bandara ke-14 tersibuk di dunia menurut lalu lintas penumpang internasional.

2. Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Indonesia - 4.025 meter

Bandar Udara Internasional Hang Nadim adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak di Batu Besar, Nongsa, Batam, provinsi Kepulauan Riau. Bandar udara ini mendapatkan nama dari Laksamana Hang Nadim yang termahsyur dari Kesultanan Malaka. Memiliki landas pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landas pacu terpanjang di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara KLIA. Dengan kondisinya saat ini, Bandara Hang Nadim dapat menampung 18 pesawat berbadan lebar dengan jenis Boeing 767.

3. Changi Airport, Singapura - 4.000 meter

Changi Airport adalah bandara komersial satu-satunya di Singapura yang melayani ratusan penerbangan ke berbagai penjuru dunia. Salah satu hub udara terpenting di Asia, bahkan dunia.

4. Suvarnabhumi Airport, Bangkok, Thailand - 4.000 meter

Bandara ini menggantikan bandara Don Muang pada 2006. Salah satu bandara terbaik di Asean.

5. Bandar Udara Soekarno-Hatta, Jakarta, Indonesia - 3.660 meter

Editor : iDEA

Latest