Follow Us

6 Cara Mudah Rumah Bebas Nyamuk

Sabrina Alisa - Minggu, 05 Maret 2017 | 02:17
6 Cara Mudah Rumah Bebas Nyamuk
Sabrina Alisa

6 Cara Mudah Rumah Bebas Nyamuk

iDEAonline.co.id - Nyamuk di rumah bisa diusir dengan 6 cara mudah ini.Melihat kondisi cuaca sekarang ini, memang benar-benar tak bisa diprediksi. Terkadang hujan seharian, dan kadang pun matahari memancarkan panasnya yang sangat terik. Dikarenakan kondisi tersebut, maka jangan heran bila nyamuk-nyamuk sudah mulai bermunculan di rumah Anda.

Diketahui, nyamuk saat musim ini merupakan jenis nyamuk yang dapat menyebabkan orang menderita demam berdarah. Hindari risiko tersebut dan berikan perlindungan kepada keluarga dari serangan serangga ini. Dengan melakukan 6 cara mudah, Anda akan membuat rumah bebas .nyamuk.

Membersihkan perabotan rumah.

Cara pertama rumah bebas nyamuk adalah membersihkan perabotan rumah. Saat musim pancaroba seperti ini, Anda harus rajin-rajin membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, da penampung air lemari es. Selain itu, periksa juga kasa jendela rumah. Pastikan tidak ada lubang yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.

Mencegah adanya genangan air.

Bila rumah Anda memiliki pekarangan rumah, pastikan untuk membersihkan genangan dari sisa-sisa air hujan. Perhatikan juga talang air dan berbagai tempat yang mungkin menjadi genangan air setelah hujan. Pasalnya, menghilangkan genangan air sama saja dengan menghilangkan kesempatan nyamuk berkembang biak. Dengan cara ini, rumah bebas nyamuk tidak menjadi impian saja.

Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.

Pelihara ikan pemangsa jentik nyamuk merupakan salah satu cara rumah bebas nyamuk. Genangan air memang harus disingkirkan, namun lain halnya dengan kolam di pekarangan rumah. Diyakini, ikan-ikan yang berada di kolam bisa memakan jentik nyamuk. Namun, tetap perhatikan kebersihan kolam ikannya ya!

Gunakan anti-nyamuk alami dan kelambu saat tidur.

Daripada menggunakan bahan kimia yang bisa saja mempunyai dampak berbahaya jangka panjang, lebih baik dan aman jika menggunakan wewangian yang dipercaya bisa menyingkirkan nyamuk dari rumah misalnya minyak kayu manis, minyak rosemary,dan minyak peppermint. Tambah, gunakan kelambu di kamar tidurAnda agar terhindari dari gigitan nyamuk.

Bunga pengusir nyamuk.

Ya, bunga juga dapat mengusir nyamuk. Marigold, Ageratum, Lemon Geranium, dan Lavender adalah sekumpulan bunga yang dibenci oleh nyamuk. Selain bunga, tanaman herbal seperti rumput Citronella, Tansy, dan Kemangi juga bisa ditanam sebagai pengusir nyamuk.

Editor : Sabrina Alisa

Latest