Follow Us

5 Material Lantai yang Cocok untuk Ruang Makan Terbuka

- Rabu, 12 April 2017 | 00:30
Pilih kayu yang tak mudah lapuk terkena sinar matahari dan hujan.
idea

Pilih kayu yang tak mudah lapuk terkena sinar matahari dan hujan.

iDEAonline – Saat liburan, bersantap di atas tikar atau hamparan rumput memang menyenangkan. Tapi ketika bersantap di taman di luar rumah, menambahkan lantai sebagai pijakan patut menjadi pertimbangan.

Dengan adanya kursi dan meja makan, perkerasan area ruang makan terbuka menjadi penting. Tujuannya, furnitur bisa berdiri kokoh dan stabil. Acara bersantap pun menjadi lebih nyaman.

Agar tak salah pilih, berikut 5 pilihan material lantai outdoor yang cocok untuk area makan terbuka.

1. Dek Kayu

Pemilihan jenis kayu untuk material lantai ruang makan terbuka harus tepat, tak mudah lapuk terkena sinar matahari dan hujan. Jika mempunyai bujet lebih, kayu ulin bisa jadi pilihan. Jenis kayu ini , semakin terpapar cuaca akan semakin kuat. Kayu bengkirai bisa menjadi opsi lain jika harga kayu ulin sulit terjangkau.

2. Dek Papan Semen

Bila tak ingin mengambil risiko menggunakan kayu sebagai material lantai ruang makan terbuka, Anda bisa menggunakan papan semen motif kayu. Dengan tampilan serupa kayu namun kekuatan setara adonan semen mengering, papan semen lebih kuat dan minim perawatan. Harga yang ditawarkan untuk produk inovatif ini bervariasi. Semakin tebal papan, harga semakin tinggi.

3. Dek Komposit Kayu Plastik

Pilihan pengganti kayu untuk lantai ruang makan terbuka, bisa berupa material komposit kayu plastik (wood plastic composite/WPC). Bahan ini merupakan campuran serat kayu dengan material termoplastik sejenis PVC dan polietilen. Karena berbahan plastik, material kedap terhadap air dan bebas rayap.

4. Batu Alam

Anda bisa memilih jenis batuan alam seperti batu andesit, batu palimanan, batu candi, hingga batu templek sebagai lantai ruang makan terbuka. Batuan jenis ini sangat kuat menahan beban namun butuh perawatan berkala agar tak ada lumut dan jamur yang menempel.

5. Keramik

Dengan kemaujuan teknologi, keramik terkini bisa menjadi alternatif pelapis ruang makan terbuka. Motif yang ditawarkan juga kian beragam, mulai dari marmer, batuan, kayu hingga motif tegel kuno. Spesifikasi permukaan keramik yang antiselip dan tidak menyerap air membuat pelapis keramik jadi aman digunakan di ruang makan terbuka.

Editor : Fransisca Wungu

Latest