Follow Us

Dinding Kusam Jadi Bersih Kembali, Ini Caranya!

- Kamis, 01 Februari 2018 | 08:00
Untuk menghindari dinding kotor, Anda dapat mengaplikasikan cat antinoda setinggi 75-100cm dari lantai.
idea

Untuk menghindari dinding kotor, Anda dapat mengaplikasikan cat antinoda setinggi 75-100cm dari lantai.

iDEAonline – Hujan deras dengan intensitas tinggi berpotensi menimbulkan banjir. Genangan air pun surut dengan lambat akibat ketinggian genangan lebih dari 50 cm.

Hasilnya, muncul “jejak” sisa genangan air kotor yang bercampur sampah dan limbah.

Bekas kotoran yang membandel pun menjadi sulit diatasi. Mengelap dengan kain basah pun malah membuat dinding menjadi tambah kotor dan membuat cat rusak.

Mau tak mau, perbaikan lapisan cat harus dilakukan menyeluruh. Bila noda membandel menimpa dinding rumah Anda, ikuti 4 langkah pengecatan ulang paska banjir ini, supaya dinding rumah Anda kembali tampil menawan.

1. Bersihkan dan Keringkan Dinding

Sebelum melakukan pengecatan ulang, bersihkan permukaan dinding yang kotor terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan air bertekanan tinggi atau detergen untuk menghilangkan debu dan noda. Kemudian, lakukan pengerokan hingga lapisan cat lama terkelupas.

Setelah bersih, pastikan permukaan dinding telah mengering sempurna. Dinding yang kering membuat cat baru akan mudah untuk menempel.

2. Melapis Cat Dasar

Berikan lapisan cat dasar pada permukaan dinding yang akan dicat ulang. Cat dasar berbahan waterbase ini mampu mengurangi serangan alkali pada tembok yang belum kering.

Dengan mengurangi serangan alkali, potensi cat menggelembung dan mengelupas dapat diminimalkan. Cat dasar juga membuat lapisan cat baru melekat lebih sempurna.

3. Menutup Retak Rambut

Bila terjadi retak rambut di dinding, Anda dapat menggunakan cat dasar berupa plamir atau wall filler. Plamir berfungsi untuk memperbaiki permukaan tembok dan menutupi retak-retak halus.

Editor : Fransisca Wungu

Latest