Follow Us

7 Bangunan Unik yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik Lewat Pantura

- Kamis, 22 Juni 2017 | 06:30
Masjid Agung Jawa Tengah yang megah.
idea

Masjid Agung Jawa Tengah yang megah.

iDEAonline – Bagi yang pulang kampung Lebaran ini, hilangkan kepenatan dengan menyambangi objek-objek wisata berupa bangunan bersejarah di sepanjang jalur Pantura.

Sambil mudik, mengunjungi bangunan unik ini bisa menambah wawasan kamu seputar arsitektur dan desain lho!

Nilai plusnya, kamu bisa foto-foto di lokasi wisata arsitektur yang pasti indah dan instagramable ini!

Yuk disimak 7 bangunan unik yang wajib kamu kunjungi saat mudik lewat Pantura.

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Bangunan ini merupakan istana tertua dan paling megah di Kesultanan Cirebon. Di sekelilingnya terdapat pagar bata merah. Sementara di dalamnya terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur perpaduan Jawa, Eropa, dan Cina, tempat kamu dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah. Salah satu peninggalannya adalah kreta kencana Sunan Gunung Jati.

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Terletak di lahan 7.500 m2 di Sambirejo, Gayamsari, Semarang, ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid yang diresmikan 2006 lalu ini memiliki arsitektur perpaduan Jawa, Arab Islam, dan romawi. Yang menarik, terdapat payung hidrolik raksasa yang dapat dibuka tutup secara otomatis seperti yang ada pada Masjid Nabawi, Madinah.

Foto: hellosemarang.com

5. Lawang Sewu, Semarang

Bangunan berarsitektur Belanda ini didirikan pada 1904. Dulunya, ini merupakan markas besar Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij dan saat ini menjadi aset PT KAI. Karena pernah digunakan sebagai penjara kejam pada masa penjajahan Jepang, bangunan ini dianggap angker dan saat ini justru dijadikan wisata malam hari untuk yang gemar mengguji nyali.

Halaman Selanjutnya

Foto: hellosemarang.com
1 2 3

Editor : Maulina Kadiranti

Latest