Follow Us

Buat Desain Seperti Ini, Biar Tak Ada Korban Saat Terjadi Kebakaran di Rumah

Nurul Hardiyanti - Rabu, 16 Agustus 2017 | 07:00
Inilah Langkah Pertama Saat Terjadi Kebakaran
Nurul Hardiyanti

Inilah Langkah Pertama Saat Terjadi Kebakaran

Rumahguide - Banyak orang merasa bahwa musibah kebakaran tidak akan menghampirinya. Efeknya, mereka tidak mempersiapkan desain rumah agar sigap menghadapi kebakaran yang melanda. Lantas, desain seperti apa yang diperlukan?

Inilah beberapa poin yang perlu diperhatikan menurut Ir. Bambang Supriyanto, arsitek S.T.U.P.A. Design n Build. Mudah-mudahan dengan desain yang tepat, tak ada lagi korban jiwa akibat kebakaran.

1. Pintu

Kesalahan:

Rumah hanya memiliki 1 akses.

Idealnya:

Rumah yang baik setidaknya harus memiliki minimal 2 akses. “Posisi idealnya harus bersebrangan antara 1 pintu dengan pintu yang lainnya. Ini untuk memberikan alternatif penghuni rumah menyelamatkan diri. Jika kebakaran terjadi di area depan, maka pemilik rumah dapat menyelamatkan ke area belakang, begitu sebaliknya,” terang Bambang. “Jikalau tidak memungkinkan harus ada di sisi kiri dan kanan rumah.

2. Kunci/Gembok

Kesalahan:

Saat terjadi kebakaran, penghuni rumah biasanya panik. Dalam kondisi ini, seseorang akan sulit berkonsentrasi untuk memikirkan masalah taruh-menaruh barang seperti meletakkan kunci pintu. Selain itu, penghuni rumah terlalu banyak menggunakan kunci/gembok.

Idealnya:

Sebaiknya, letakkan di tempat strategis, mudah dijangkau, dan diketahui semua penghuni rumah. Ada baiknya menggunakan sistem kunci yang dari luar pintu harus dibuka dengan kunci tetapi dari dalam pintu dapat dibuka tanpa harus memasukkan kunci. Keamanan maksimal, keselamatan Anda dan keluarga pun semakin terlindungi.

Halaman Selanjutnya

3. Pagar
1 2 3

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest