Follow Us

Wah, Ternyata Menanam Tanaman Air Punya Banyak Manfaat!

Nurul Hardiyanti - Rabu, 23 Agustus 2017 | 06:00
Wah, Ternyata Menanam Tanaman Air Punya Banyak Manfaat!
Nurul Hardiyanti

Wah, Ternyata Menanam Tanaman Air Punya Banyak Manfaat!

iDeaonline.co.id - Sejatinya mempunyai taman di rumah dapat meningkatkan kesan “hijau” di rumah Anda. Apalagi, bila taman yang Anda usung adalah taman air. Selain membuat asri, gemericik air dipercayai dapat membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

Punya taman air tak lengkap rasanya bila Anda tidak memiliki tanaman air. Banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman air hanya berguna sebagai penghias taman. Lebih dari itu, tanaman air memiliki berbagai manfaat seperti di bawah ini.

Habitat Ikan

Bagi Anda yang memelihara ikan di kolam, tanaman air bisa menjadi tempat berlindung dan bertelur ikan. Tanaman air yang memiliki ukuran daun yang lebar dapat melindungi ikan dari teriknya matahari. Sementara itu, akarnya yang panjang dapat menjadi habitatnya untuk berlindung dari predator dan perubahan cuaca dan iklim lingkungan. Selain itu, akar juga dapat menjadi tempatnya untuk melatakan telur.

Menyerap Racun di Air

Kotoran, urin, sisa makanan dan daun yang membusuk dapat menghasilkan zat yang berbahaya bagi ikan yang Anda pelihara. Nah, kehadiran tanaman air dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan tanaman air, zat amoniak yang membahayakan ikan akan diubah menjadi makanan untuk pertumbuhan tanaman. Dengan begitu, kadar amoniak pada air akan berkurang sehingga air pada kolam terbebas dari zat yang membahayakan bagi ikan.

Mencegah Pertumbuhan Lumut

Lumut adalah sejenih flora yang tumbuh sangat pesat di area yang basah. Salah satunya adalah pada taman atau kolam air Anda. Dengan menambahkan tanaman air, pertumbuhan lumut dapat dicegah. Mengapa?

Lumut akan tumbuh pesat jika terjadi kelebihan zat makanan di dalam air, namun tanaman air lebih cepat menyerap zat makanan dalam air dibandingkan lumut. Sehingga lumut akan “kalah” oleh tanaman air dan pertumbuhannya dapat dicegah.

Meningkatkan Kandungan Oksigen dalam Air

Seperti tanaman air pada umumnya, tanaman air juga dapat menghasilkan oksigen. Saat proses fotosintesis, tanaman air akan membentuk bahan organik dengan bantuan sinar matahari. Dari proses tersebut, tanaman air akan menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke dalam air. Dengan meningkatnya kadar oksigen di dalam air, ikan dan hewan lainnya dalam air dapat bernafas dengan baik. Begitulah cara kerjanya.

Nah itu dia manfaat tanaman air selain sebagai penghias. Sungguh fungsional, bukan?

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest