Follow Us

Hujan Datang Lagi, Inilah Cara Tepat Atasi Dinding Rembes di Rumah!

- Senin, 19 Februari 2018 | 15:15
Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah atap bocor.
idea

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah atap bocor.

iDEAonline - Air yang merembes ke tembok bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Yang paling sering adalah tingginya curah hujan hingga sampai merembes ke tembok atau letak pipa yang terlalu berdekatan ke tembok.

Hal ini juga ditambah dengan kualitas material tembok yang tidak tahan air.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara mengatasi air yang merembes

Jika rumah Anda baru akan dibangun, maka Anda dapat mencampur mortar sebagai bahan plesteran dinding dengan zat aditif integral waterproofing (redseal plesteran).

Anda juga bisa mengganti bahan trasraam, umumnya trasraam dibuat dari susunan bata yang dilapisi mortar cement.

Jika rumah Anda adalah rumah lama, maka ada beberapa cara mengatasi air merembes yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

Pertama. Jika rembesan air hanya meninggalkan noda berupa spot-spot yang tipis, maka rembesan air ini dapat diatasi dengan waterproofing yang biasa kita temui di toko-toko bahan bangunan, anda tinggal memilih waterproofing type coating.

Kedua. Bila rembesan air yang terjadi cukup besar, maka Anda dapat melakukan plesteran ulang atau melapisi plesteran lama pada dinding bagian luar rumah dengan plesteran baru yang ditambahkan zat aditif.

Zat aditif yang cocok untuk dinding waterproofing adalah redeseal atau Weldcrete coating, redseal ini adalah waterproofing yang anti lembab (dampproof) sementara Weldcrete coating adalah zat aditif campuran mortar untuk aplikasi anti air.

Ketiga. Jika rembesan air di bagian dalam rumah tidak terlalu parah, kupas cat lama pada bagian yang lembab atau rembes sampai bertemu dengan acian/plesteran dinding.

Bersihkan dengan air dan tunggu sampai dinding tersebut kering.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest