Follow Us

Jangan Boros Air, 6 Tips Cerdas Menghemat Air di Kamar Mandi

- Rabu, 21 Februari 2018 | 07:00
dok. pixabay.com
idea

dok. pixabay.com

Penulis Fransisca Wungu Prasasti

iDEAonline – Sadarkah Anda bahwa penggunaan air terbanyak di rumah dihabiskan di kamar mandi? Semua kegiatan yang dilakukan di kamar mandi, jika dijumlahkan mencapai 68% dari seluruh kebutuhan air di rumah tangga.

Tak hanya itu yang membuat tercengang. Tahukah Anda bahwa hanya ada 1% air bersih yang layak minum di seluruh muka bumi ini? Ini sangat ironis, mengingat 2/3 permukaan bumi terdiri dari air.

Fakta ini juga bisa diartikan bahwa banyak sekali masyarakat di dunia yang kesulitan air bersih.

Jangankan untuk mandi, untuk mendapatkan air minum saja dibutuhkan usaha yang sangat keras.

Karena itu, bagi sebagian besar dari kita yang memiliki “kemewahan” mandi setiap harinya, selayaknya mulai menghemat air yang digunakan di kamar mandi.

Yuk, kita mulai menjadi bagian dari gerakan yang mulia bagi lingkungan dengan melakukan 6 cara menghemat air!

1. Matikan keran ketika menggosok gigi atau mencuci tangan. Pasalnya, dalam 1 menit, air bersih yang terbuang sebanyak 6 liter.

2. Segera perbaiki keran yang bocor. Keran bocor dapat membuang air bersih hingga 75 liter sehari.

3. Waktu menunggu air panas mengalir di shower, taruh ember di bawahnya. Air yang tertampung dapat digunakan untuk menyiram tanaman atau membersihkan rumah.

4. Pilih toilet yang memiliki 2 opsi penyiraman: banyak dan sedikit. Cara lain, letakkan botol berisi air dalam tangki toilet untuk mengurangi air siraman yang keluar.

5. Cara mengetahui toilet bocor adalah dengan mencampur air di tangkinya dengan pewarna makanan. Jika ada kebocoran, air yang berwarna ini akan mudah terlihat.

6. Persingkat waktu mandi Anda. Triknya, putar lagu di radio. Hentikan waktu mandi ketika sebuah lagu sudah habis diputar.

Tak sulit untuk hidup hemar air. Lakukan dari sekarang untuk dunia yang lebih baik!

Editor : iDEA

Latest