Follow Us

Kompor Tidak Menyala, Ditambah Masalah Lainnya? Solusinya Ada Di Sini!

- Sabtu, 24 Februari 2018 | 06:00
Kompor Tidak Menyala, Ditambah Masalah Lainnya? Solusinya Ada Di Sini!
idea

Kompor Tidak Menyala, Ditambah Masalah Lainnya? Solusinya Ada Di Sini!

Penulis Selvia Martiani

iDEAonline – Bila IDEA lovers gemar memasak, pasti akrab dengan peranti dapur yang satu ini. Namun, pernahkan Anda dihadapkan pada situasi di mana kompor “ngambek” dan ogah menyala? Bila ya, penyebabnya beragam.

Apa aja yah masalahnya dan cara mengatasinya? Cek di sini!

Kompor Sulit menyala

Foto foodabletv.com
Sambungan selang yang kendur bukan penyebab kompor sulit menyala. Kendurnya selang gas justru akan mengakibatkan bahaya yang lebih fatal yaitu kebocoran gas.

Lakukan pengecekan rutin sambungan selang gas dan regulator, ganti selang gas bila mulai getas atau permukaannya sudah retak.

Pertama, bila terjadinya setelah penggantian tabung gas maka penyebabnya adalah pemantik atau nozzle pada kompor kotor akibat terkena kotoran, minyak atau sisa makanan.

Solusinya adalah dengan membersihkan bagian yang terkena kotoran tersebut dengan sikat atau kawat. Biasakan kompor selalu dibersihkan atau dilap setelah digunakan.

Kedua, disebabkan dari komposisi LPG (umumnya setelah penggantian tabung ) yang menyebabkan api sulit dinyalalan.

Lakukan pembersihan seperti solusi pertama. Bila masih bermasalah, atur damper (pengatur pencampuran udara dengan gas ke burner yang terletak di ujung burner) dengan memutar ke arah kanan (menutup).

Api Tidak Merata

Foto kadinca-yasam.org
Pertama, bersihkan kotoran yang menempel pada burner.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest