Follow Us

10 Trik Desainer Interior Dalam Menciptakan Kesan Luas Pada Rumah Mungil! Yuk, Curi Idenya!

- Kamis, 22 Februari 2018 | 11:00
dok. ikea.com
idea

dok. ikea.com

iDEAonline –Memiliki desain rumah mungil membuat kita ekstra dalam menatanya. Ya, jika salah perhitungan, bukan tak mungkin rumah menjadi lebih sempit yang membuat penghuninya tak nyaman. Ujung-ujungnya, kita terpaksa mengeluarkan dana lebih untuk merombak desain rumah.

Namun jangan khawatir, dalam ilmu interior ada banyak trik untuk mengakali ruang mungil terlihat lega. Intan Nadira, desainer interior akan membagi rahasia menciptakan kesan luas pada rumah mungil untuk iDEA Lovers.

Ini dia 10 trik desainer interior dalam menciptakan kesan luas pada rumah mungil.

1. Agar pandangan tidak terbatas, beri jendela yang banyak dan lebar. Jendela juga bisa “mencuri” pemandangan dari halaman, sehingga ruangan terasa lebih lapang.

2. Pilihlah furnitur yang warnanya senada atau sama dengan warna dinding. Dengan cara ini, furnitur seakan tertarik ke arah dinding dan ruangan terasa lebih lega.

3. Jangan gunakan wallpaper bermotif ramai atau motif bunga dengan ukuran besar. Motif besar dan ramai akan membuat ruangan terlihat penuh. Jika tetap ingin menggunakannya, letakkan hanya di satu titik saja dan padukan dengan warna terang.

4. Lemari pajangan yang besar sebaiknya tidak digunakan. Sebagai gantinya, gunakan ambalan yang menggantung.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan hiasan atau aksesori besar. Gunakan hiasan mungil yang berwarna terang.

6. Pasang cermin besar di salah satu sisi. Secara visual, cermin dapat “menambah” luas ruangan menjadi 2 kali lipat. Agar efektif, ukuran cermin harus cukup besar.

7. Tinggalkan furnitur yang memberi kesan “berat”. Pilih furnitur yang “langsing” dan ringan.

8. Gunakanlah warna-warna terang pada seluruh permukaan lantai, dinding, dan plafon. Jangan gunakan terlalu banyak warna, karena bisa membuat ruangan terkesan penuh.

9. Lebih baik menggunakan sofa yang memiliki kaki dibandingkan sofa yang menempel di lantai agar terkesan luas.

10. Gunakan rak atau lemari yang rendah sehingga permukaan dinding tetap terlihat. Permukaan dinding yang tetap terlihat secara psikologis membuat ruangan terasa lega.

Ternyata mudah ya dalam menciptakan kesan luas pada rumah mungil! Selamat mencoba iDEA Lovers!

Editor : iDEA

Latest