Follow Us

Selain Jarak Aman Ideal, 4 Hal Ini Juga Harus Diperhatikan Ketika Menonton TV!

- Jumat, 02 Maret 2018 | 04:00
dok. trabahomes.com
idea

dok. trabahomes.com

iDEAonline – Menonton acara televisi menjadi salah satu pilihan tatkala ingin bersantai atau melakukan me time. Ya, menonton televisi dinilai sebagai liburan yang murah dan mudah.

Tetapi, tak bisa asal menonton, ternyata ada jarak aman ideal agar kesehatan mata tetap terjaga.

(Baca juga: Jarak Aman Menonton Televisi Agar Mata Tidak Sakit)

Selain jarak aman, ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan agar acara menonton TV Anda menjadi nyaman dan santai. Berikut tipsnya.

1. Berkedip

Seperti layar komputer, layar televisi pun dapat membuat mata terasa perih. Jika sudah seperti ini, berkediplah. Berkedip akan membuat mata tetap lembap. Ya, apabila tidak berkedip, mata akan kering dan mudah iritasi.

2. Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan pun juga akan mempengaruhi mata dalam menonton TV. Cahaya yang tepat akan membuat mata tidak merasa sakit saat menonton TV.

3. Beralih ke yang lain

Apabila mata terasa lelah saat menonton TV, coba fokuskan mata ke hal yang lain. Dengan begitu, mata akan beristirahat. Ini pun telah ada aturannya dan sebenarnya biasa dipakai untuk orang-orang yang sering melihat komputer.

Aturannya, yaitu 20-20-20 dan memiliki arti selama 20 menit melihat layar, 20 detik untuk istirahat dan fokus mata Anda pada sesuatu setidaknya 20 meter jauhnya. Aturan tersebut pun dapat diterapkan bagi seseorang yang sering menonton televisi.

4. Batasi pemakaian TV

Editor : iDEA

Latest