Follow Us

Yuk, Cek! Ini Daftar Obat-obatan yang Harus Siap Sedia di Rumah!

- Rabu, 04 April 2018 | 10:00
dok. homeleisure.com.au
idea

dok. homeleisure.com.au

iDEAonline – Bila di rumah timbul masalah medis atau keadaan gawat darurat, biasanya kita tidak mempunyai waktu lagi untuk mencari apa yang diperlukan.

Simpanlah perlengkapan obat-obatan kita di suatu tempat yang mudah dijangkau orang dewasa, tetapi di luar jangkauan anak-anak.

Namun, ingatlah untuk mengganti obat ataupun keperluan lain setelah digunakan untuk memastikan keperluan tersebut senantiasa lengkap dan kepastian bahwa obat masih layak digunakan (belum kadaluarsa).

Inilah obat yang perlu dipersiapkan bila ada kecelakaan dan penyakit-penyakit umum yang dialami oleh anggota keluarga.

1. Untuk luka sayat. Perban berbagai ukuran, kasa, plester, larutan antiseptik untuk membersihkan luka, dan krim antisseptik untuk mencegah infeksi.

2. Untuk luka bakar. Kemasan dingin, kasa, burn spray, dan krim antiseptik.

3. Untuk sakit, nyeri, dan demam. Aspirin (hanya untuk orang dewasa) atau obat antiradang nonsteroid lainnya dan asetaminofen untuk anak-anak atau orang dewasa.

4. Untuk cedera mata. Cairan pencuci mata, mangkuk pembasuh mata, dan perban mata.

5. Untuk keseleo, robek, dan patah tulang. Kemasan dingin, perban elastik untuk membalut berbagai cedera dan perban segi tiga untuk membuat perban gantung.

6. Untuk sengatan dan gigitan serangga. Sebuah pinset untuk membuang sengat dan krim hidrokortison untuk meringankan gatal-gatal. Kalau seorang anggota keluarga alergi terhadap sengatan serangga, tambahkan pula pada perlengkapan obat-obatan Anda jarum suntik dan epinefrin (adrenalin).

7. Untuk perawatan umum. Termometer, gunting yang tajam, gulungan kapas, tisu, sabun, atau potongan kapas pembersih, sarung tangan bila ada darah atau cairan tubuh dan sebuah buku petunjuk pertolongan pertama.

Bagaimana dengan iDEA Lovers? Sudah dicek atau belum nih kotak obatnya?

Sumber: intisari-online.com

Editor : iDEA

Latest