iDEAonline - Perubahan gaya hidup turut mendorong perubahan pola pikir seseorang dalam menentukan kebutuhan pokoknya. Tak terkecuali untuk mereka yang kini menyandang status sebagai generasi milenial. Apa saja kebutuhan pokok itu? Tentu saja sandang, pangan, dan papan. Papan atau hunian memang diletakkan pada posisi terakhir karena harganya yang relatif cukup tinggi.
Meski demikian, hal tersebut tidak menjadikan papan bergeser posisinya sebagai barang kebutuhan pokok. Seiring dengan meningkatnya status sosial seseorang, menikah misalnya, mereka membutuhkan tempat tinggal untuk membangun keluarga. Akan tetapi bagi generasi milenial yang hidup pada era perkembangan teknologi seperti saat ini, hunian bukan menjadi kebutuhan primer.

Kelompok usia ini dipilih karena secara finansial dianggap sudah lebih mapan. Kendati secara finansial mereka sudah cukup mapan, bukan berarti mereka tidak memiliki pinjaman hutang atau cicilan. Kenyataannya, 61 persen di antaranya menjawab memilikinya dan dari jumlah tersebut 30 persen menggunakannya untuk membeli kendaraan. Kebutuhan atas kendaraan pribadi diperlukan untuk menunjang kebutuhan mereka dalam membelah jalanan yang macet.

Nyatanya, 20 persen dari mereka yang memiliki pinjaman atau cicilan, menggunakannya untuk mengajukan kredit pemilikan rumah atau KPR. Khusus untuk cicilan KPR ini, rata-rata yang menjawab adalah mereka yang sudah menikah. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan mereka dalam menyempurnakan hidup berumah tangga.

Bahkan untuk kebutuhan jalan-jalan, 66 persen responden menjawab untuk memenuhi kebutuhan itu. Sulit dipungkiri, generasi milenial tidak bisa terlepas dari stereotype ingin mendapatkan pengakuan. Terutama di media sosial. Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial menjadi tempat untuk mencurahkan eksistensi mereka kala melakukan aktivitas. Tak terkecuali jalan-jalan.
Meski begitu, tak sedikit juga dari generasi ini yang mengalokasikan penghasilan lebih mereka ke tabungan (68 persen). Namun yang perlu digarisbawahi, hanya 20 persen dari mereka yang memilih menabung dan berencana mengalokasikan tabungannya untuk membeli rumah. (Dani Prabowo)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "61 Persen Milenial Belum Punya Rumah"