Follow Us

8 Langkah Bijak Menekan Biaya Listrik (Part 2)

Pipit - Senin, 14 Mei 2018 | 06:15
Ini dia! Catatan Penting Memilih Lampu Gantung
Agustina Sapitri

Ini dia! Catatan Penting Memilih Lampu Gantung

Editor Febrina Syaifullana

iDEAonline Berikut ini adalah delapan cara untuk menghemat pengeluaran biaya listrik part 2.

3. Ganti Lampu dengan yang Hemat Energi

Lampu menjadi komponen utama penerangan buatan pada sebuah rumah. Lampu menjadi penerang kala malam tiba. Pada setiap rumah jumlah lampu bervariasi. Rata-rata ada satu lampu pada setiap ruangan. Jenisnya pun bervariasi. Ada yang menggunakan bola lampu tungsten, ada pula yang menggunakan lampu neon atau TL.

dok. idea
Untuk menekan laju putaran angka meteran listrik, pasang lampu hemat energi pada setiap titik lampu di rumah. Lampu hemat energi menyerap daya lebih kecil dibandingkan lampu biasa. Tingkat terangnya pun dua-tiga kali lipat dari lampu biasa.

Ada banyak jenis lampu hemat energi. Lampu neon, salah satunya. Beberapa merek bahkan mengklaim, lampu hemat energi yang hanya membutuhkan daya 10watt-20watt untuk menghasilkan cahaya seterang lampu 60watt-100watt.

4. Olah Titik Lampu, Sesuaikan dengan Fungsi Ruang

Tata cahaya buatan di rumah tinggal sebetulnya sangat tergantung selera dan aktivitas penghuni rumah. Ada pemilik rumah yang ingin menempatkan lampu di segala penjuru untuk memperoleh nilai estetika yang diharapkan. Ada juga yang cukup menempatkan lampu di plafon sekadar untuk menerangi ruang.

dok. idea
Sebetulnya, apapun model tata lampu di rumah Anda, penerangan buatan sebetulnya baru diperlukan bila penerangan alami tidak mampu lagi memenuhi syarat terang sebuah ruang. Hal ini disebabkan oleh ukuran ruang terlalu luas atau cahaya alami yang sudah tidak efektif lagi menerangi bagian dalam rumah.

Terlepas dari masalah selera, berdasar teori, pencahayaan buatan di rumah terbagi tiga, yakni penerangan umum, lokal, dan terarah. Ketiganya dibedakan berdasar arah dan kekuatan cahaya lampu. Penerangan umum bertujuan menerangi ruang secara merata. Penerangan lokal atau terarah untuk menerangi sebuah obyek atau lokasi tertentu. Letak titik-titik lampu pun perlu disesuaikan dengan desain dan fungsi ruangan.

Untuk memberi efek artistik, titik lampu dapat ditempatkan di beberapa lokasi. Jumlah daya dapat disesuaikan dengan luas dan fungsi ruangan. Kamar tidur, misalnya, tidak membutuhkan terang berlebihan. Untuk kamar tidur, daya lampu cukup 60watt. Untuk memberi kesan estetis, daya lampu ini bisa dipecah pada beberapa titik. Agar jumlah total pemakaian daya tetap, maka setiap titik menggunakan lampu berdaya lebih kecil.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest