Follow Us

Hemat Air dalam Menyiram Tanaman Hanya dengan Menggunakan Benda Ini!

Pipit - Selasa, 31 Juli 2018 | 16:00
FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK LOKASI KEDIAMAN M. GUNAWAN WIBISONO - LENI SUSANTI, PERUM AKITA2, BOJONGSOANG, BANDUNG
Agustina Sapitri

FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK LOKASI KEDIAMAN M. GUNAWAN WIBISONO - LENI SUSANTI, PERUM AKITA2, BOJONGSOANG, BANDUNG

iDEAonline - Menyiram tanaman bisa dilakukan dengan cara unik, yaitu dengan es batu. Dalam memelihara tanaman, menyiramnya secara rutin itu hal penting. Meski pun kadar air yang dibutuhkan setiap tanaman bergantung pada jenis tanamannya, namun pada jenis tanaman apapun, penyiraman merupakan hal yang tak bisa dilewatkan.

Tanpa air, tanaman bisa jadi kering lalu akhirnya mati. Hanya saja, pemilik tanaman sering lupa menyiram tanaman. Menjamin tanaman tetap rutin disiram dalam kurun waktu tertentu bukanlah perkara mudah.

Ada banyak cara dan alternatif yang bisa dicoba agar tanaman bisa tetap disiram. Beberapa orang menyiasatinya dengan membuat alat untuk menyiram dari botol dengan lubang kecil, sehingga air dapat sedikit demi sedikit membasahi tanaman.

tanaman di dapur | dok. cdn.homedit.com
dok. cdn.homedit.com

tanaman di dapur | dok. cdn.homedit.com

Cara lainnya adalah menyiram tanaman menggunakan es batu. Es batu bisa digunakan untuk membasahi tanaman. Es batu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak diletakkan di atas permukaan tanah dalam pot. Nantinya, es tersebut akan meleleh perlahan-lahan. Tanah serta akar pun dapat menyerapnya secara perlahan.

Bila kamu ingin menggunakan es batu untuk mengairi tanaman, sebaiknya kamu memerhatikan beberapa hal. Apakah jumlah air tidak akan berlebihan untuk tanaman ketika es batu meleleh nantinya. Selain itu, pikirkan pula apakah tanaman perlu diairi setiap harinya.

Menggunakan es batu untuk menyiram tanaman memang lebih praktis, baik untuk menyiram secara harian atau mingguan, namun jangan pula lupa menyesuaikannya dengan kebutuhan tanaman.

Sumber: rumah123.com

Editor Sabrina Alisa

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest