Follow Us

Yuk, Kita Cari Tahu Pilihan Material yang Baik untuk Lantai Carport!

Rebi - Kamis, 05 Juli 2018 | 15:00
Granite Tile
https://d18178273alp6b.cloudfront.net/production/bdsellerassets/granite-tile/cabot/images/cabot-granite-tile/tan-brown-angle-1000.jpg

Granite Tile

Lantai adalah salah satu elemen penting pada carport. Fungsinya sebagai penahan beban kendaraan membuat kita harus jeli saat mewujudkan bagian ini. Sebelum menentukan material penutup lantai carport, yang pertama-tama harus Anda perhatikan adalah konstruksinya. Konstruksi lantai carport dapat menggunakan tulangan besi beton. Tulangan besi ini kemudian ditutup dengan cor beton yang komposisinya disesuaikan dengan luas bidang dan tebal lantai.

Atau, bila menginginkan desain yang ramah lingkungan, Anda juga dapat memilih untuk tidak mengecor semua bagian carport. Padatkan saja tanah area carport lalu tutup dengan grass block atau batu alam. Setelah konstruksi rampung, barulah Anda dapat menentukan material penutupnya. Satu hal yang terpenting, pilihlah pelapis dengan permukaan kasar agar tak licin saat terkena air. Ada banyak pilihan di pasaran, seperti keramik, granit, atau batu alam. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. Sesuaikan pula pilihan pelapis dengan gaya arsitektur atau interior.

Tampil Industrial dengan Granite Tile

Granite tile adalah salah satu pilihan material yang dapat digunakan untuk menutup lantai carport. Apalagi, produsen granite tile sekarang kian kreatif. Beberapa telah menggunakan granite tile yang keras juga menguntungkan bila digunakan sebagai lantai carport. Waktu pemanggangan yang lebih lama membuat granite tile lebih tahan terhadap beban. Pilih pula granite tile yang telah diglazur agar lebih tahan terhadap noda dan goresan. Dari sisi desain, granite tile sekarang banyak yang memiliki unfinished look. Bila dilihat dari jauh, granite tile akan tampak seperti lapisan semen asli. Desain-desain seperti ini sangat cocok bagi Anda yang mengaplikasikan gaya industrial di rumah.

Ciptakan Kemewahan Klasik dengan Keramik

Keramik
http://rumahbagusminimalis.com/wp-content/uploads/2017/05/warna-keramik-lantai-teras.png

Keramik

Sama seperti granite tile, kini banyak pula keramik dengan tekstur kasar yang cocok diaplikasikan pada carport. Pilihan motif dan polanya pun beragam sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk memadupadankannya dengan gaya hunian. Bila rumah Anda mengusung gaya klasik, pilihlah keramik dengan Salah satu motif keramik yang cocok diaplikasikan untuk rumah bergaya klasik. motif batu alam seperti marmer. Pengaplikasian keramik dengan motif ini akan membuat carport Anda selaras dengan tampilan hunian klasik, tanpa Anda perlu membeli marmer asli. Satu lagi keunggulan material ini ialah sifatnya yang mudah dibersihkan.

Tropis dengan Batu Alam dan Grass Block

Batu Alam
https://i1.wp.com/www.renovasicibubur.com/wp-content/uploads/2018/03/lantai-carport-e1521302488590.jpg?resize=676%2C380&ssl=1

Batu Alam

Selain material tadi, alternatif lain yang dapat Anda pilih ialah batu alam, koral sikat, dan grass block untuk lantai carport. Anda dapat mengombinasikan ketiganya pada satu bidang lantai. Jangan lupa menyediakan ruang kosong atau nat supaya rumput dapat tumbuh dan air dapat terserap ke bawah tanah. “Untuk lantai carport, saya memilih untuk tidak mengecor semua bidang. Sisakan ruang agar air dapat ditampung dalam site kita, tidak dialirkan ke jalan. Ini akan ramah lingkungan. Materialnya bisa menggunakan grass block atau batu alam lalu bisa juga dikombinasikan dengan koral sikat,” ujar arsitek Sigit Kusumawijaya. Dengan mengaplikasikan batu alam, koral sikat, dan grass block, Anda akan mendapat tampilan natural dan hijau pada lantai carport. Visual seperti ini akan cocok bagi Anda yang mengusung gaya tropis di rumah.

Mau tau lebih banyak mengenai Carport? Yuk cari Majalah iDEA edisi 158!

Penulis Nuriyah Amalia

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest