Follow Us

Shelter untuk Korban Banjir, Jepang Siapkan 50 Tempat Evakuasi

iDea Online - Kamis, 06 September 2018 | 13:40
Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang
Kompas.com

Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang

IDEAonline - Jepang sedang dilanda bencana alam menyusul musibah banjir bandang dan tanah longsor. Bencana ini menerjang wilayah Hiroshima, Ehime, Okayama, Kyoto dan area lainnya. Setidaknya 200 orang tewas dalam musibah ini.

Demi memberikan kenyamanan bagi para pengungsi, firma arsitektur Shigeru Ban Architects bersama dengan Voluntary Architects' Network serta relawan lainnya pun berinisiatif membangun sistem partisi dengan menggunakan tabung kertas daur ulang dan tirai kain.

Baca Juga : Sering Disepelekan, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Sebelum Menyambut TamuKali ini sebuah struktur untuk penampungan dibangun demi menciptakan kenyamanan dan privasi bagi para pengungsi. Meski terlihat sederhana, namun struktur ini mampu menutupi aktivitas para pengungsi dari orang lain. Pada penampungan biasa, pengungsi biasanya melakukan aktivitas di dalam sebuah gedung atau tenda yang dijadikan penampungan.

Dengan adanya struktur ini, pengungsi pun akan merasa lebih nyaman meski sedang dalam pengungsian.

Baca Juga : Rela Habiskan Ratusan Juta Hanya untuk Nikmati Kereta Shiki-Shima?

Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang
Kompas.com

Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang

Baca Juga : Sudah Tau Belum? 4 Mitos Ini Ternyata Keliru Tentang Sofa KulitSetiap shelter memiliki luas empat meter persegi dan cukup luas untuk menampung satu hingga dua orang. Struktur ini didesain dengan material yang ringan dan dapat dengan mudah dirakit untuk digunakan selanjutnya. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan membuat lubang pada tabung kertas daur ulang. Selanjutnya, lubang tersebut menjadi penopang bagi tabung lainnya hingga berbentuk mirip struktur rumah atau saung kecil.

Setelah struktur terpasang, sebuah kanvas kain kemudian digantungkan pada bagian atas struktur untuk menutupi memberikan privasi bagi para pengungsi.

Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang
Kompas.com

Tempat Penampungan Korban Banjir Di Jepang

Baca Juga : Gaya Urban Jungle Makin Viral, Cek Tips Merawat Tanaman @LimsjungleSebelumnya, Shigeru Ban Architects juga telah menggunakan model struktur ini untuk menampung korban bencana lainnya, termasuk korban gempa bumi dan tsunami 2011 di Jepang. Pada saat itu sebanyak 1.800 unit struktur dipasang di 50 tempat evakuasi. Pada bencana gempa tahun 2016, Shigru Ban menyediakan 2.000 unit untuk pengungsi. Tak hanya di Jepang struktur rumah pengungsi ini juga telah digunakan untuk menampung pengungsi di berbagai negara seperti Meksiko, Kenya, dan Ekuador.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nyamannya Tempat Penampungan Korban Banjir di Jepang", https://properti.kompas.com/read/2018/07/17/220000621/nyamannya-tempat-penampungan-korban-banjir-di-jepang

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest