Follow Us

Penjara Indonesia Penuh, Belanda Justru "Mengimpor" Pelaku Kriminal

iDea Online - Kamis, 20 September 2018 | 16:00
Penjara Indonesia (kiri), penjara Belanda (kanan).
Google

Penjara Indonesia (kiri), penjara Belanda (kanan).

IDEAonline - Permasalahan penjara Indonesia di tahun-tahun sebelumnya sudah mengalami situasi yang mengkhawatirkan.

Masalah utamanya adalah implikasi dari kelebihan penghuni dan overcrowding yang dialami sebagian besar penjara di Indonesia.

Kelebihan penghuni yang dimaksud di sini adalah situasi di mana ada kelebihan kapasitas di lapas atau ketika jumlah narapidana lebih banyak ketimbang jumlah ruang atau kapasitas penjara/lapas yang tersedia.

Intinya jumlah narapidan tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan ruangan lapas (jumlah narapidana lebih banyak dari jumlah penjara).

Baca Juga : Tanpa Obat, Gairah Seksual Pasangan Meningkat Hanya Dengan Wangi Ini Di kamar!Adapun overcrowding yang dimaksud di sini adalah situasi krisis akibat kepadatan penghuni lapas.

Kelebihan beban penghuni atau situasi overcrowding menghantui hampir seluruh di rumah tahanan (rutan) dan penjara/lapas di Indonesia.

Kelebihan penghuni di beberapa penjara bahkan sudah sampai ke titik mengkawatirkan.

Semakin meningkat populasi penghuni penjara tiap tahunnya, maka segaris dengan itu, angka kelebihan penghuni penjara meningkat cukup signifikan.

Apabila dilihat lebih dekat, angka kelebihan penghuni menjadi sangat mengerikan di beberapa wilayah di Indonesia.

Kelebihan penghuni di Kalimantan Timur mencapai 166 persen, DKI Jakarta menyentuh 170 persen, Kalimantan Selatan mencatat angka 183 persen. Angka itu sama dengan kelebihan penghuni di Sumatera Utara.

Baca Juga : Awkarin Sukses Bangun Kerajaan Bisnis, Intip Rumah Mewah Hasil Keringatnya!

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest