Follow Us

Harga Rumah Makin Mahal, Arsitek Ini Sulap Pipa di Film Doraemon Jadi Hunian Minimalis

iDea Online - Senin, 08 Oktober 2018 | 08:00
Pipa Doraemon
Google

Pipa Doraemon

IDEAonline - Pernahkah Anda melihat film kartun Doraemon?Pasti Anda tidak asing bila tahu mengenai pipa di lapangan yang biasa digunakan Giant, temannya Nobita untuk konser menyanyi.Ya, artikel kali ini akan membahas seputar pipa, namun ini bukan sembarang pipa biasa.Pipa ini dibuat di daerah yang padat penduduk, salah satunya adalah di Hongkong.

Baca Juga : 7 Tahun Berumah Tangga dengan Anak Sby, Ini Fakta yang Belum Diketahui dari Rumah Ibas YudhoyonoAda banyak orang di Hong Kong (7,4 juta lebih), semuanya berada di area seluas 1.098 km persegi.Bersamaan dengan populasi yang padat, harga tanah tentu saja telah melonjak dengan kecepatan yang sangat cepat.Banyak orang akhirnya tidak mampu membayar biaya hidup yang juga tinggi dengan upah yang tak kunjung meningkat.Itu sebabnya seorang arsitek lokal ingin mengubah pipa air beton raksasa menjadi mini-flat, menumpuknya di atas satu sama lain dalam lahan kosong seperti di film kartun Nobita.Ini terlihat konyol namun mungkin merupakan solusi cerdik untuk masalah perumahan Hong Kong.Beberapa arsitek telah bereksperimen dengan mencari flat yang sangat kecil yang dikenal sebagai 'rumah nano'.

Baca Juga : 5 Cara Memasang Cermin Menurut Fengshui yang Wajib di Hindari, Ternyata Sudah Jadi Kebiasaan!

Salah satu flat tersebut, lebih kecil dari tempat parkir, hanya 11 meter persegi.Baru-baru ini, flat itu dijual seharga 200 ribu dollar AS (Rp2,7 miliar).Itu adalah keputusasaan orang untuk menemukan tempat tinggal.James Law, seorang arsitek yang bermarkas di Hong Kong menjelaskan bagaimana Hong Kong menjadi terkenal tempat tinggal yang kurang layak huni."Tidak ada sinar matahari, tidak ada ventilasi yang baik, sangat kecil, kompartemen kecil yang dibuat di sekitar 50 kaki persegi," kata Law.

Baca Juga : Penggunaan Piring Melamin yang Sering Dianggap Aman Ternyata Bisa Timbulkan Penyakit Serius, Kerusakan Ginjal Salah Satunya!

Pipa air beton.
Google

Pipa air beton.

"Pada dasarnya ini adalah cara bagi tuan tanah untuk benar-benar membagi ruang mereka ke mikro-unit."Itu tidak berakhir di sana.Orang sudah mulai menemukan akomodasi yang lebih murah, pada dasarnya itu sebuah 'kandang'.Ribuan orang tidak memiliki pilihan selain menyewa ruang sekitar 16 kaki persegi yang dibangun dari bahan yang membuatnya menjadi seperti kandang."Rumah kandang akan memiliki tiga tingkat tempat tidur susun. Sebenarnya ada jaring bergelombang yang mengelilingi area Anda. Sedikit seperti penjara," kata Law."Ini adalah bentuk kehidupan yang benar-benar mengerikan."Dan orang-orang benar-benar harus membayar untuk hidup seperti ini!Sebuah flat yang luasnya sekitar 10 meter persegi akan dikenakan biaya 418 hingga 837 dollar AS (Rp5,8 juta hingga Rp11 juta).

Baca Juga : Rumahnya Digeledah, Polisi Temukan Hal Mengejutkan di Dalam Kulkas Pasangan Kanibal!

Sementara itu, unit berbentuk kandang tidak jauh lebih murah: sekitar Rp5 juta per bulan, menurut James Law.Arsitek seperti dia mencoba menemukan cara untuk memanfaatkan ruang yang tersedia (dan tidak luas).Salah satu ide yang dia kerjakan adalah OPOD - mikro-rumah yang dibangun menggunakan pipa air beton raksasa yang kemudian dapat ditumpuk di atas satu sama lain dan dipasang ke dalam ruang perkotaan yang tidak digunakan.Ini adalah cara cepat untuk membangun blok menara apartemen.OPODs memiliki gaya industri modern untuk mereka yang dirancang untuk penghuninya di masa depan.

Baca Juga : Sering Disepelekan, Ini Dia Cara Membersihkan Wajan Sesuai dengan Materialnya"Saya tidak berpikir bahwa OPOD ini adalah solusi total untuk masalah ini, karena ada begitu banyak masalah lain yang terjerat dalam seluruh masalah ini," katanya."Arsitektur seorang diri jelas tidak mungkin menyelesaikan semuanya sekaligus."Ada alasan lain untuk pembentukan OPOD: kesalahpahaman ruang di Hong Kong.

Arsitek James Law berharap untuk membangun rumah dari pipa air beton dan menumpuknya  satu sama lain
BBC

Arsitek James Law berharap untuk membangun rumah dari pipa air beton dan menumpuknya satu sama lain

Menurut undang-undang, sementara kurangnya lahan sering disalahkan karena harga properti sedang melangit, ini hanya sebagian dari gambaran."Hong Kong adalah kota yang sangat padat. Namun, Anda benar-benar melihat banyak tanah yang tersisa.""Di bawah jalan layang, di atas bangunan, di antara bangunan yang sering dibiarkan kosong selama bertahun-tahun."

Baca Juga : Olla Ramlan Menikah dengan Pengusaha Resort, Ini Rumah Mewahnya yang Ada Tempat Karaokenya!

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest