Follow Us

Tak Biasa, Rumah Kontainer Dual Poswe Ini Seharga Rp 200 Juta

iDea Online - Sabtu, 27 Oktober 2018 | 20:00
Tak Biasa, Rumah Kontainer Dual Poswe Ini Seharga Rp 200 Juta

IDEAonline - Kehadiran rumah kontainer bernama Sofwan House yang diciptakan oleh Tropical Renewable Energy Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia (TREC FTUI) menjadi alternatif baru dalam upaya penggunaan listrik yang lebih efektif dan efisien.

Rumah ini terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan hingga akhirnya menghasilkan listrik dual power untuk dipakai pada peralatan rumah tangga.

Baca Juga : Tak Ambil Sepeserpun Uang Penjualan Rumah Uje, Ummi Pipik Nyatanya Mampu Beli Hunian Semewah Ini!

Direktur TREC FTUI Eko Adhi Setiawan mengatakan, tiga komponen utama di rumah itu yakni panel surya (solar panel), sel bahan bakar (fuel cell), dan baterai.

“Di atas ada solar panel, sedangkan di luar ada fuel cell dan baterai. Solar panel itu berkapasitas 2.800 sampai 3.000 watt yang fungsinya mengubah listrik dari radiasi matahari,” ucap Eko kepada Kompas.com, di Eng Park FTUI, Depok, Kamis (25/10/2018).

Komponen kedua, yaitu fuel cell, merupakan alat untuk mengubah energi dari gas hidrogen menjadi listrik.

Baca Juga : Somasi Kakak Kandung dan Keponakan, Tampilan Rumah Mewah Dewi Perssik Jadi Sorotan!

Selanjutnya, komponen ketiga adalah baterai untuk menyimpan daya listrik. Dia menjelaskan, cara kerja komponen tersebut yakni solar panel dan fuel cell menyerap energi matahari dan hidrogen, kemudian energi itu dialirkan ke baterai.

Sebelum baterai itu mengalirkan listrik ke peralatan rumah tangga, tegangannya dinaikkan menggunakan alat DCON berukuran 2,5 kilowatt. Tegangannya pun akan naik hingga 230 volt yang merupakan tegangan searah atau direct current (DC).

Baca Juga : Sering Ganggu Tidur, Kebiasaan Ngorok Bisa Hilang Hanya dengan Cara Ini!

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest