Follow Us

Musim Hujan Belum Berakhir, 4 Cara Ini Bisa Cegah Rumah Bocor

Hikmah - Sabtu, 02 Februari 2019 | 08:30
ilustrasi rumah bocor
Obatrindu.com

ilustrasi rumah bocor

IDEAonline - Musim hujan segera tiba, beberapa wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan dengan intensitas tinggi.Saat musim hujan, hal yang paling ditakutkan terjadi di rumah adalah kebocoran. Rumah yang bocor merupakan masalah yang cukup merepotkan.Oleh karena itu, penanganan dini agar rumah terhindar dari kebocoran, sangat diperlukan.

Baca Juga : Rumah Jompo Prancis Ini Buktikan Warna Pink Bukan Hanya untuk MillenialBerikut empat cara yang bisa diikuti untuk mencegah kebocoran di rumah saat menghadapi musim hujan.

1. Kemiringan atap

Persiapkan atap untuk menghadapi musim hujan
pexels.com

Persiapkan atap untuk menghadapi musim hujan

Pada saat membangun rumah, kondisi atap sebaiknya dirancang dengan kemiringan 30 - 40 derajat.Kemiringan yang tepat merupakan salah satu cara menghindarkan air menggenang dan kebocoran.Kurangi sambungan atap karena sambungan ini memiliki potensi besar terjadinya bocor.

2. Perhatikan Bubungan Atap

Pemasangan genteng yang tidak rapi membuat atap memiliki rongga yang mengundang datangnya air di mus
www.kingstreetroofing.ca

Pemasangan genteng yang tidak rapi membuat atap memiliki rongga yang mengundang datangnya air di mus

Baca Juga : Dengan Biaya di Bawah Rp 50 Juta, Kamu Bisa Bangun Rumah Ini!

Jika terdapat retak pada bubungan, berikan kawat kasa dan lapisi dengan cat anti-air (waterproof).Jika retaknya besar, sebaiknya IDEA Lovers membobolnya terlebih dahulu, baru memplester kembali bagian tersebut.Selain memperhatikan bagian yang retak, jangan lupa juga untuk menjaga agar plafon tidak lembab.Plafon yang lembab dapat menjadi lapuk dan roboh.

Baca Juga : Enggak Perlu Bongkar, Ini Cara Bikin Rumah Tetap Adem Walau Hadap Barat

Selain itu, kayu yang terpapar air karena bocoran air hujan juga menjadi tempat paling disukai rayap.Khusus untuk atap asbes, jangan lupa melapisi paku baut dengan karet dan dipelingkut di area pakunya.Dengan begitu, air tidak rembes melalui celah lubang paku.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest