Intip Karya 6 Desainer di Rising Talents Maison & Objet 2019

Minggu, 03 Februari 2019 | 19:05
Dezeen

Ximi Li

IDEAonline -Maison & Objet's Rising Talent Awards 2019 telah berfokus pada enam desainer muda Tiongkok yang mendefinisikan ulang bentuk tradisional dengan bahan inovatif dan bentuk modern.

Setelah memamerkan talenta baru dari Inggris, Lebanon, dan Italia pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini Maison & Objet memilih untuk menyoroti adegan desain Tiongkok yang berkembang pesat untuk edisi 2019, yang berlangsung dari 18 hingga 22 Januari.

Keenam desainer yang dihormati adalah Mario Tsai, Chen Furong, Ximi Li, Hongjie Yang, Chen Xingyu dari Bentu Design dan Frank Chou.

Pameran ini dipresentasikan oleh konsultan desain Designchain, dan dikuratori oleh panel juri yang terdiri dari desainer internasional yang semuanya memiliki kehadiran di Tiongkok.

Para juri merasa keenam desainer dan studio ini adalah contoh dari bahasa desain Tiongkok yang baru.

Baca Juga : Fotografer Candida Höfer Menangkap 600 Tahun Arsitektur Meksiko Lewat Foto

"Dengan pertumbuhan cepat ekonomi Tiongkok dan kebutuhan akan ekspresi budaya sendiri, kami melihat sejumlah besar desainer baru yang mulai membuat suara mereka sendiri yang berkaitan dengan masalah warisan dan identitas," kata Neri, salah satu juri.

"Apa yang paling menarik adalah pencarian identitas desainer Tiongkok, tidak hanya untuk menjadi seperti desain Barat tetapi bagaimana cara melipat warisan budaya dan tradisi pengrajin Tiongkok yang berabad-abad lamanya," tambah Nichetto.

Penasaran bagaimana hasil karya enam desainer tersebut, simak ulasannya yuk!

1. Franck Chou

Dezeen

Franck Chou

Baca Juga : Hunian Mewahnya Ikutan Berhijrah, Arie Untung dan Fenita Arie Siap Tinggalkan Rumah

Koleksi terbaru perancang furnitur yang berbasis di Beijing, Franck Chou, termasuk Middle Chair yang terinspirasikursi bambu tradisional Tiongkok, Combo.

Ada juga sofa kulit dan wol modular dan tabel Stack geometris.

"Desain saya tidak memiliki karakteristik oriental yang jelas, tetapi sebenarnya ide dan inspirasi desain berasal dari pemikiran mendalam tentang gaya hidup oriental modern dan masa depan," kata Chou.

Studio Chou berkomitmen untuk desain yang bertanggung jawab dan tertarik untuk mempopulerkan pendidikan desain di Tiongkok melalui pertukaran budaya dan forum desain.

2. Mario Tsai

Dezeen

Mario Tsai

Mario Tsai berfokus pada keberlanjutan dan bertujuan untuk memberikan koleksinya tampilan modern dan kualitas sentuhan.

Tsai mendirikan studionya di Hangzhou pada tahun 2014, dengan penekanan pada penelitian, bahan-bahan baru dan aplikasi mereka.

Di Maison & Objet ia memamerkan beberapa pilihan karya baru, termasuk Pig Side Table berbentuk tabung aluminium, tabung aluminium berdiameter 25 sentimeter pada empat kaki dengan ujung bundar, dan Pure Desk.

Di samping merancang furnitur, Tsai mengarahkan tangannya untuk merancang produk dan interior industri, mengerjakan proyek-proyek di Denmark, Italia, dan Norwegia serta di rumah.

Baca Juga : Rahasia Inspirasi Desain Rumah Seluas 33 M2, Rapi Meski Ada Balita

3. Ximi Li

Dezeen

Ximi Li

Baca Juga : Jadi Tradisi Imlek, Singkirkan 5 Barang Ini dari dalam Lemarimu

Desainer yang berbasis di Shanghai, Ximi Li bekerja sebagai kepala desainer di Neri & Hu selama enam tahun sebelum mendirikan merek desain independennya sendiri Ximi Li Design dan merek furnitur Urbancraft pada tahun 2016.

Desain Urbancraft meliputi meja rias stainless-steel, kulit dan oak Jiazhuang, terinspirasi oleh kotak perhiasan tradisional Cina, koleksi Yuan (yang berarti "lingkaran") yang terbuat dari baja, kenari, dan cermin.

Selain itu, teraso BY3 yaitu sistem meja kaca dan marmer yang saling terkait.

Li belajar desain furnitur di Politecnico di Milano, dan bekerja untuk arsitek dan desainer Andrea Branzi selama masa studinya.

4. Honjie Yang

Dezeen

Honjie Yang

Lulusan Akademi Desain Eindhoven Honjie Yang mengeksplorasi perbedaan antara alam dan buatan manusia.

"Saya fokus pada pekerjaan yang meneliti dikotomi antara alam dan budaya. Banyak karya saya mencari kelas estetika baru yang melampaui kesenjangan antara kekuatan manusia dan alam,"kata Yang.

Karya-karyanya mensimulasikan bentuk alami, yang ia capai dengan menggunakan teknologi dan bahan-bahan buatan manusia dalam proses desain.

Dia memamerkan cermin Synthesis Monolith, meja dan bangku kopi, semuanya terbuat dari aluminium - di Maison & Objet.

Baca Juga : Tampak Luas dengan Open Plan, Intip Inspirasi Desain Apartemen 33 M2

5. Bentu

Dezeen

Bentu

Baca Juga : Yuk Kenalan dengan Batshsphere, Bak Mandi Berbentuk Bola yang Tergantung di Langit-Langit

Studio Bentu yang berbasis di Guangzhou didirikan oleh Chen Xingyu, Peng Zeng, Chen Xingguang dan Xu Gang pada tahun 2011.

Xingyu menangani limbah yang disebabkan oleh perkembangan pesatTiongkokdengan menggunakan bahan yang ditarik kembali dan puing-puing konstruksi dalam desainnya dan telah bereksperimen dengan membuat produk dari batubara, abu tulang, keramik pecah dan bahkan kotoran yak.

"Tujuan dari desain adalah untuk menemukan masalah-masalah penting yang ada di masyarakat manusia dan untuk memberikan solusi," katanya.

Koleksi Terrazzo terbaru studio, termasuk pot tanaman The Yuan, lampu gantung Planet dan sistem meja yang fleksibel, menggunakan limbah keramik daur ulang, agregat beton dan sisa batu untuk menunjukkan bahwa furnitur dapat lebih berkelanjutan.

Baca Juga : Unik, Inspirasi Desain Dapur Mungil dengan Dekorasi Pipa Besi

6. Chen Furong

Dezeen

Chen Furong

Chen Furong adalah pendiri merek pencahayaan, furnitur dan aksesoris WUU. Berbasis di Xiamen, Furong bekerja dengan seniman lokal di Fuzhou 170 mil di utara studio, untuk menggabungkan kerajinan tradisional dengan teknologi.

"Sejak awal, WUU sangat bersemangat meneliti bahan dan kerajinan, dan menerapkan hasilnya pada produk kami. Ini membedakan kami dari barang-barang yang diproduksi secara massal," kata Furong.

Koleksi Maison & Objet miliknya termasuk lampu Touchable Light dan serangkaian minimal, vas aluminium bernama Morandi, terinspirasi oleh karya-karya pelukis Italia.

Furong juga memamerkan meja Axis, dibuat dengan selembar aluminium, dan meja Blueprint yang menampilkan kaki aluminium solid dan permukaan transparan. (*)

Baca Juga : Intip 5 Inspirasi Desain Railing Tangga Cocok untuk Beragam Hunian

Editor : Alfa

Sumber : Dezeen

Baca Lainnya