Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Selasa, 12 Februari 2019 | 11:00
Fangfang Tian

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

IDEAonline -Sebuah rumah tahun 1940-an di Shanghai telah dikonfigurasi ulang oleh RIGI Design untuk menciptakan rumah keluarga yang dipenuhi cahaya dengan tangga baja,furniturmodular yang dapat disesuaikan, dan elemen berbentuk rumah yang menyenangkan.

Pendiri studio, Kai Liu mengkonfigurasi ulang sebuah rumah di lingkungan yang dibangun dengan padat agar sesuai dengan kebutuhan keluarga muda.

Disebut A White House, A Growing Home, properti yang dirancang ulang melayani kebutuhan keluarga yang terus berkembang dengan perabotan yang dapat disesuaikan dan elemen desain yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa.

"Rumah tidak sama dengan rumah biasanya. Ini rumah milik kita dan keluarga kita," Liu menjelaskan. "Rumah seperti wadah untuk membawa pertumbuhan, pengalaman, dan harapan kita."

Awalnya dibangun pada tahun 1947, kediaman tiga lantai ini khas pada masanya dan tetapi rumah ini menderita dari pencahayaan dan tata letak yang buruk karena kedalaman bangunan.

"Tangga adalah area yang paling kami modifikasi," Liu menjelaskan. "Seluruh bangunan dimulai dari cahaya dan ruang vertikal."

Baca Juga : Identik Dengan Seram dan Pengap, Perempuan Ini Ubah Bunker Bekas Perang Dunia Jadi Rumah Mewah

Lampu langit-langit besar sekarang berada di atas tangga, menyaring ke setiap tingkat melalui lubang-lubang yang dilemparkan ke pelat baja tangga yang baru ditangguhkan.

Tapak tangga diperluas untuk memungkinkan pendaratan yang lapang, dan strukturnya ditingkatkan lebih lanjut pada malam hari di setiap lantai untuk menyatukan ketinggian langit-langit.

Dinding internal di lantai dasar dikeluarkan untuk membuat dapur terbuka, ruang tamu, dan ruang makan untuk keluarga, yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di sini.

Dezeen

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Baca Juga : Dulunya Studio Piano, Kini Jadi Apartemen Hemat Ruang seluas 17,6 Meter Persegi!

Liu juga mendesain dinding furnitur modular, yang disebut "papan kehidupan".

Kayu dengan lubang-lubangberpola kotak memungkinkan rak dan aksesori mudah dipasang dan disusun ulang agar sesuai dengan kebutuhan keluarga yang terus berubah.

"Kami ingin merancang sesuatu yang membawa keindahan dan kebahagiaan," kata Liu. "Setelah melihat begitu banyak rumah, satu-satunya konsep yang kami percaya adalah bahwa seseorang tidak dapat terjebak dengan kehidupan yang menetap, baik dalam nilai-nilai atau gaya rumah."

Dezeen

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Baca Juga : Dipenuhi Warna Permen! Intip Studiomucci Apartemen dengan Furnitur Warna-warni yang Bisa Bikin Betah!

Unit kabinet yang ditangguhkan di bawah ini dalam warna hijau dan kayu yang diredam memberikan ruang penyimpanan dan permukaan ekstra untuk menampilkan objek.

Pagar ramping berjalan di sepanjang bagian atas dinding dengan rak menggantung di atas sofa, papan kehidupan dan lemari dapur untuk barang-barang yang akan disimpan.

Sebuah cermin juga telah dipasang di atas wastafel yang berdiri sendiri di area dapur.

Perabotan modular yang fleksibel dan hemat ruang semakin populer di rumah-rumah dan perkantoran kota.

Sistem sofa modular perusahaan Swedia Blå Station, Bob, memiliki irisan empuk yang dapat disatukan bersama mulai dari kursi berlengan hingga bangku lengkung.

Fangfang Tian

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Baca Juga : Belum Lama Menduda, Vicky Prasetyo Sudah Kenalkan Gandengan Baru Ke Keluarga, Anggia Chan: Dia Balance Dunia dan Akhirat

Studio People's Industrial Design Office yang berbasis di Beijing merancang tabel Tetrisnya untuk digunakan bersama dalam berbagai konfigurasi untuk mengakomodasi kebutuhan tempat kerja modern yang berfluktuasi.

Di A White House, bahan yang berbeda menunjukkan zona yang berbeda dari ruang rencana terbuka. Lantai kayu pucat telah digunakan untuk ruang tamu dan dapur.

Dindingnya semua putih, dengan abu-abu muda yang digunakan di bagian bawah untuk ruang tamu, sementara dapur ubin dengan ubin heksagonal putih kecil dengan grouting gelap.

Fangfang Tian

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Baca Juga : Hanya Pakai Spons, Intip Cara Unik Membersihkan Peralatan Dapur Agar Kinclong

Sebuah konservatori baru yang dipenuhi tanaman dengan panel-panel kaca dan sebuah pintu dalam bingkai hitam modern menghubungkan lantai dasar dengan halaman luar, yang merupakan pintu masuk utama ke rumah.

Sebuah rumah bermain anak-anak dengan lubang bundar yang dipotong menjadi satu sisi atap runcing telah dibangun di taman halaman.

Sebuah lubang telah ditinggalkan di beton yang dituangkan untuk mengakomodasi pohon yang sedang ditanam.

Liu menyarankan sebuah pohon baru akan tumbuh bersama dengan anak dari pemiliknya. "Waktu juga merupakan bagian dari desain kami," kata Liu.

Fangfang Tian

Furnitur Modular Mungkinkan Rumah Berkembang Bersama Penghuninya

Baca Juga : Ruang Keluarga Sempit? Berikut 4 Panduan agar Lebih Fungsional Menurut Para Ahli

Kamar tidur anak telah dirancang sesuai dengan estetika seluruh rumah, dengan elemen main-main tambahan.

Kayu terang yang sama dan skema warna putih dan abu-abu dua nada telah digunakan, dengan dinding aksen dicat biru lembut.

Dua kamar tidur lainnya menempati lantai pertama, satu di sebelah kamar anak dan satu lagi di seberang pendaratan dihiasi dengan tanaman hias, di samping kamar mandi.(*)

Editor : Pipit

Baca Lainnya