Dibangun untuk Dukung PON XX Papua, Begini Desain Empat Arena Olahraga Baru

Jumat, 15 Februari 2019 | 17:00
Kementerian PUPR

Arena Aquatic

IDEAonline -Dalam rangka persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipa Karya melakukan pembangunan empat arena olahraga.

Pembangunan infrastruktur olahraga tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan acara olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Pembangunan arena olahraga dilakukan di Kabupaten Jayapura yakni arena Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Kriket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

"Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu dalam rilisan resmi Kementrian PUPR.

Baca Juga : Manfaatkan Potensi Limbah, Desainer Belanda Ciptakan Karpet dari Sepatu Tua Adidas

Pembangunan arena Aquatic telah dimulai sejak Desember 2018 oleh penyedia jasa konstruksi PT. Waskita Karya dan ditargetkan rampung pada Juli 2020.

Arena Aquatic nantinya dilengkapi dengan fasilitas pool system sesuai standar Fédération Internationale de Natation (FINA) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga renang.

Arena Aquatic juga akan dilengkapi dengan lighting yang meliputi sports dan area floodlighting dengan standar field of play (FOP), timing system, master clock di lantai 1, lantai 2, dan scoring board.

Kementerian PUPR

Pembangunan Arena Aquatic

Baca Juga : Kareena Kapoor-nya Indonesia, Ini Dia 6 Fakta Stephanie Putri Cantik Titi DJ yang Tak Banyak Diketahui!

Tak hanya itu, fasilitas tata suara dan tata udara, CCTV, dan tribun penonton turut melengkapi Arena Aquatic.

Selain itu juga dilengkapi fasilitas tambahan seperti penataan kawasan untuk parkir, lansekap, drainase, dan bangunan penunjang disesuaikan dengan batas kawasan.

Kementerian PUPR

Istona Papua Bangkit

Baca Juga : Menjadi Undangan Terhoror Tahun 2019 dengan Isi Berupa Pocong, Begini Mewahnya Hotel Lokasi Pernikahan Risa Saraswati!

Saat ini tengah dilakukan pengecoran Bore Pile titik pertama, penyediaan material Bore Pile On Site, kemudian pengecoran Bore Pile dan pembuatan Direksi Keet, serta dilakukan pengecoran jalan akses untuk pekerja.

Kementerian PUPR

Lapangan Hockey

Sementara itu,pembangunan ISTORA Papua Bangkit telah mulai dilaksanakan sejak November 2018 yang dilaksanakan oleh penyedia jasa konstruksi PT. PP dan ditargetkan rampung Juni 2020.

Pembangunan ISTORA Papua Bangkit dilengkapi dengan pembangunan area plaza di sekitar ISTORA, juga dilengkapi area kawasan parkir kendaraan di dalam dan diluar area istora.

Kementerian PUPR

Arena Kriket

Baca Juga : Ciptakan Aroma Khas di Rumah, Terapkan 5 Cara Mudah Ini Yuk!

Pengerjaan ISTORA Papua Bangkit saat ini tengah memasuki pengerjaan pembesian kolom, pekerjaan PDA Test, penggalian Pile Cap, pemasangan Bekisting Pile Cap dan pengecoran Pile Cap.

Kementerian PUPR

Arena Kriket

Sedangkan pembangunan arena Kriket dan lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) dilaksanakan pada Desember 2018 oleh kontraktor PT. Nindya Karya dengan target selesai pada Juni 2020. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya