Benang Tipis dari Gabus, Bahan Alternatif Berkelanjutan untuk Furnitur dan Tekstil

Sabtu, 16 Maret 2019 | 14:50
Dezeen

CO-RK

IDEAonline -Studio Portugis Digitalab telah memenangkanthe rising stardi Stockholm Furniture Fair, dengan metode inovatif untuk mengubah gabus menjadi benang.

Arsitek Brimet Silva dan Ana Fonseca dari Digitalab bersama-sama mengembangkan metode mengubah gabus menjadi benang tipis yang dapat digunakan dalam pembuatan furnitur, penerangan, tekstil, dan aksesori.

Disebut CO-RK,benang-benang ini menawarkan alternatif yang berkelanjutan, non-serat untuk bahan-bahan seperti plastik.

Dewan juri Stockholm Furniture Fair Editors 'Choice, diketuai oleh pendiri Dezeen, Marcus Fairs, mengatakan bahwa duo itu "menggunakan gabus untuk menghasilkan kain yang indah yang dapat digunakan untuk membuat produk."

"Pemenang memamerkan eksplorasi kreatif dari bahan alami yang kurang dimanfaatkan," kata mereka.

Baca Juga : Orientasi Ekspor Eropa, Industri Furnitur Lokal Kembali Bergairah

Dezeen

CO-RK

Silva dan Fonseca menciptakan produk untuk Gencork, cabang dari perusahaan Portugis berusia 50 tahun, Sofalca, yang memproduksi pelet gabus menggunakan cabang-cabang pohon gabus.

Proses ini lebih berkelanjutan daripada pembuatan gabus yang khas, yang berasal dari kulit pohon.

Baca Juga : Rain Vortex, Air Terjun Indoor Tertinggi di Dunia yang Bakal Jadi Pusat Jewel Changi Airport

Benang dibentuk dengan menyuntikkan uap air melalui pelet gabus ini.

Hal ini menyebabkan pelet mengembang, sementara ikatan air dengan resin di dalam gabus.

Campuran tersebut kemudian ditekan dan dikombinasikan dengan lapisan dasar kain katun untuk menghasilkan lembaran tipis yang dapat dipotong hingga setebal satu milimeter.

Benang yang dihasilkan kemudian dicuci untuk meningkatkan fleksibilitas dan elastisitasnya.

Dezeen

CO-RK

Baca Juga : Tampilkan Arsitektur Islam, Inilah 6 Masjid yang Ada di Selandia Baru!

"Ini bahan yang kuat dan nyaman, tahan terhadap traksi cahaya dan juga bisa dicuci, menjaga semua sifat fisik asli gabus," kata Silva kepada Dezeen.

Dezeen

CO-RK

"Bahan super ini, gabus, menawarkan sejumlah besar keuntungan, karena selain menjadi insulator termal dan akustik yang sangat baik dan juga anti-getaran, ini juga merupakan penampung karbon dioksida, memainkan peran kunci dalam melindungi lingkungan. "

Serat yang kuat dapat ditenun menjadi "bentuk generatif kompleks" atau struktur seperti jaring menggunakan algoritma yang didasarkan pada rumus matematika.

Baca Juga : Ramah Lingkungan, Bahan Dasar Furnitur Ini Memiliki Keawetan Lebih Lama

Dezeen

CO-RK

"Ini adalah pendekatan berteknologi tinggi dan berteknologi rendah di mana praktik pengrajin dicampur dengan proses teknologi," kata Silva.

"Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan memanipulasi kepadatan jala yang berbeda untuk diterapkan pada skala dan fungsi yang berbeda sesuai dengan produk. Misalnya, kami sedang mengeksplorasi kepadatan yang lebih tinggi yang cukup kuat untuk diterapkan pada solusi tempat duduk dan pembagi ruang, di antara aplikasi lain," katanya. dijelaskan.

Benangnya cukup fleksibel untuk ditenun tetapi cukup kuat untuk dijadikan tempat dudukDigitalab menunjukkan produk di Stockholm Furniture Fair antara 5 dan 9 Februari lalu.

Baca Juga : Sama-sama Pasok Bahan Anyam Furnitur, Perusahaan Indonesia dan Jerman Ini Umumkan Kolaborasi Bisnis

Dezeen

CO-RK

Baca Juga : Buat Kamar Tidur Jadi Tempat yang Sakral, Ini Dia 4 Cara Mendekorasinya!

Potongan-potongan dari koleksi dipajang pada dudukan di dinding gabus fleksibel merek dengan pola geometris dan berputar-putar, aplikasi yang dimungkinkan dengan menerapkan proses algoritmik pada benang CO-RK.

Wall-covering berfungsi sebagai isolator termal dan akustik sekaligus mencegah getaran suara atau musik.

Dezeen

CO-RK

"100 persen gabus gabus diperluas alami dan berkelanjutan ditransformasikan melalui algoritma desain generatif dan proses fabrikasi digital canggih, mengekspresikan estetika formal baru," kata Silva.

"Sistem yang kreatif dan mengganggu ini tidak hanya mengoptimalkan sifat termal dan akustik gabus, tetapi juga menambah nilai artistik pada dinding tradisional," lanjutnya.

Kekhawatiran tentang kebisingan, kurangnya privasi dan praktik kerja yang tidak sehat memicu peningkatan produk yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan di kantor pada pameran Stockholm tahun ini.

Sementara itu, gabus semakin banyak digunakan sebagai bahan arsitektur. (*)

Baca Juga : Cocok untuk yang Vegan, Desainer Ini Rancang Furnitur Bebas Hewani

Editor : Alfa

Baca Lainnya