Picu Kanker hingga Penyakit Jantung, Pertimbangkan Kembali Jika Ingin Gunakan Sendok Plastik!

Sabtu, 27 Juni 2020 | 08:00
tribunnews

ilustrasi menggunakan sendok plastik

IDEAonline -Saat makan biasanya kita akan menggunakan alat makan, seperti sendok, garpu, sumpit, atau pisau.

Alat makan yang kita pakai kebanyakan menggunakan bahan dasar logam ataustainless steel. Bahan itu dianggap paling aman dipakai untuk makanan.

Namun, saat kita mengunjungi tempat makan atau memesan makanan dengan jasa antar biasanya diberikan alat makan berbahan plastik.

Baca Juga: Sewakan Rumah ke ‘Penghuni Neraka’, Pemilik Properti di Malaysia Temukan Keadaan Rumahnya Menyedihkan Setelah Disewa oleh Musafir, Kotor dan Susah Dibersihkan!

Baca Juga: Hadirkan Sentuhan Elegan dari Headboard di Kamar, Terungkap Caranya!

Teman-teman pasti tahu kalau kita disarankan untuk membatasi penggunaan plastik. Bukan hanya untuk lingkungan, ternyata juga untuk kesehatan kita.

Meski mudah di dapat karena harga yang murah dan juga ringkas untuk dibawa, ternyata alat makan plastik bisa membahayakan tubuh kita, lo.

Dilansir dariKompas.commenggunakan sendok plastik terlalu sering apalagi untuk makanan panas bisa membuat zat kimianya ikut masuk ke dalam tubuh.

Berikut adalah masalah kesehatan yang bisa muncul kalau terlalu sering menggunakan sendok plastik.

1. Memicu Kanker

Sendok plastik yang sering digunakanuntuk makan makanan yang panas, berlemak, atau berminyak bisa membuat molekul pada plastik akan memuai.

Adanya kandungan BPA di dalam sendok plastik dianggap berbahaya karena dapat memicu terjadinya kanker.

kompas lifestyle

Masih Sering Digunakan, Sendok Plastik Bisa Menyebabkan 4 Bahaya untuk Tubuh! Memicu Kanker Hingga Penurunan Fungsi Otak

Sebuah studi menemukan bahwa BPA dapat meniru estrogen dan hormon lainnya, serta berinteraksi dengan reseptor sel tertentu untuk meningkatkan perkembangan kanker payudara, ovarium, dan prostat.

Baca Juga: Begini Tips Mudah Menghitung Kitchen Set, Ternyata Atas Bawah Beda!

Baca Juga: Jadi Salah Satu Desa Terunik di Dunia, Rumah-rumah di Wilayah Ini Tidak Memiliki Pintu dan Tidak Dikunci, Apakah Aman?

Selain itu,BPA juga dapat mengurangi efektivitas kemoterapi pada pasien kanker payudara.

2.Menurunkan Fungsi Otak

Sebuah penelitian menemukan kalau keberadaan BPA dalam sendok plastik bisa mencegah penghapusan klorida dari sistem saraf pusat dan juga mengganggu cara kerja otak dalam mengatur gen.

Kelebihan klorida dalam otak disebut sebagai penyebab utama munculnya demensia, penyakit Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya.

3.Masalah Berat Badan

Kandungan Bisphenol A dalam sendok plastik juga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, BPA juga bisa mengganggu produksi dan resistensi insulin yang dapat mendatangkan masalah pada kontrol gula darah dalam tubuh.

Hal ini jugalah yang berpotensi menyebabkan peningkatan produksi sel lemak sehingga berat badan menjadi tak terkontrol dan cepat naik.

Baca Juga: Cabai Awet 6 Hari Disimpan di Kulkas, Kenapa Tidak Boleh Didekatkan dengan Bahan Ini?

Baca Juga: Waspadai Lead dan Mercury di Dalam Cat, Apa Bahayanya Jika Terpapar?

4.Memicu Penyakit Jantung dan Diabetes

Penyakit jantung dan diabetes sering terjadi karena obesitas. BPA yang terkandung dalam sendok plastik ternyata menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Beberapa penelitian menemukan bahwa paparan BPA dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Solusi yang tepat agar terhindar dari penyakit itu salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan sendok plastik.

Meskipun berbahaya, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan sendok plastik. Kira bisa memilih sendok plastik bebas BPA.

Namun,lebih aman lagi jika kita menggunakan sendok lain yang berbahan dasar kayu ataustainless steel.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Artikel ini telah tayang di Bobo.ID dengan judulMasih Sering Digunakan, Sendok Plastik Bisa Menyebabkan 4 Bahaya untuk Tubuh! Memicu Kanker Hingga Penurunan Fungsi Otak

Editor : Maulina Kadiranti

Sumber : bobo.id

Baca Lainnya